Permainan Anak 90an yang Bisa Dimainkan di Rumah

75
Permainan Anak 90an

Berikut ini beberapa permainan anak 90an yang bisa dimainkan di rumah, mengingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk keluar rumah seperti saat ini.

Melalui berbagai permainan tersebut, barangkali bisa menjadi solusi menghindari anak-anak untuk mengurangi bermain gadget.

Selain itu juga memperkenalkan permainan tradisional yang tidak kalah seru dibandingkan permainan zaman sekarang.

Bola bekel

bola bekel

Permainan bola bekel membutuhkan sebuah bola dan biji bekel. Permainan ini bisa dimainkan oleh beberapa orang secara bergiliran. Jadi, kamu bisa bermain bola ini di dalam ruangan.

Permainan ini membutuhkan ketangkasan tangan. Tekniknya yaitu dengan melempar bola, kemudian membalik biji bekel sebelum akhirnya bola jatuh ke tangan kami.

Bermain gasing

gasing

Bermain gasing ini sangat sederhana, kamu tinggal melempar gasing ke tanah. Siapa gasingnya yang paling lama bertahan, maka dialah pemenangnya.

Main congklak

Permainan Congklak

Congklak bisa kamu mainkan dimana saja, asalkan kamu mempunyai papan congklak dan biji congklak. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja.

Encik dan Puan bisa menentukan siapa yang bermain duluan, kemudian mengisi papan congklak dengan bijinya. Yang paling banyak mendapatkan biji congklak adalah pemenang dari permainan tersebut.

Statak

statak

Biasanya bermain statak hanya bisa dilakukan di tanah, namun tidak menutup kemungkinan kamu bisa memainkannya di halaman rumah dengan memanfaatkan pekarangan yang ada.

Pertama kali yang mesti kamu persiapkan adalah kapur atau spidol penggaris kotaknya, kemudian siapkan batu untuk melemparnya. Terakhir baru Encik dan Puan main dengan menggunakan satu kaki.

Boneka kertas

bongkar pasang

Boneka kerta sering juga disebut dengan permainan bongkar pasang, identik dengan permainan anak perempuan.

Biasanya dijual di pasar tradisional, gambarnya lucu dan unik. Baju dari gambar tersebut bisa diganti-ganti atau dibongkar pasang.

Tepok tazos

tazos

Tepok tazos lebih identik dengan permainan laki-laki. Para pemain tinggal saling tepok tazosnya dengan kuat.

Siapa tazosnya yang terbalik, maka dialah yang kalah, dan yang kalah wajib memberikan tazosnya ke yang menang.

Untuk Encik dan Puan yang ingin bernostalgia memainkannya, saat ini tazoz bisa dibeli di beberapa marketplace.

Ular tangga

ular tangga

memang permainan ular tangga atau dadu sudah ada di game online, namun percayalah permainan tradisional ini tidak kalah seru.

Kamu hanya membutuhkan kertas ular tangganya, bidak dan dadu. Kemudian, kamu mainkan dadunya dan jalankan bidaknya sesuai dengan angka dadu.

Yoyo

yoyo

Yoyo sangat populer pada masanya, ada banyak teknik memainkan yoyo yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Permainan karet

permainan karet

Permainan ini terbuat dari karet. Dengan karet yang ada kamu bisa membentuknya menjadi apapun yang kamu suka.

Balon tiup

balon tiup

Balon tiup ini berbeda dengan balon ulang tahun ya, dengan balon ini kamu juga bisa membentuk sesuka hati mu.

Tergantung bagaimana kamu bisa apa tidak meniup balon tersebut sehingga menjadi sesuatu hal yang unik dan menarik yang bisa kamu mainkan.

Kapal otok-otok

kapal otok

Permainan ini berbentuk miniatur kapal yang bisa dimainkan di dalam baskom. Bunyinya yang khas setelah dinyalakan bergerak maju persis terdengar seperti suara otok-otok.

Itulah beberapa permainan anak 90an yang bisa dimainkan di rumah, mungkin bisa juga jadi referensi bagi Encik dan Puan yang bingung bermain apa selama masa sekolah dari rumah.

Bagi Encik dan Puan yang pernah bermain itu, semoga bisa menjadi bahan mengingat kenangan pernah melakukan berbagai permainan tradisional tanpa tersentuh arus teknologi.