KEN Festival 2023 Riau, Ini Dia Daftarnya

0
601
KEN Festival 2023 Riau

Ada 4 festival dari Riau berhasil masuk ke dalam KEN Festival 2023. Festival Riau tersebut telah lolos kurasi dan di-launching oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Ada sebanyak 110 Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023 yang telah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) launching.

KEN 2023 Riau

Berikut 4 KEN Festival 2023 Riau yang lolos kurasi:

1. Festival Subayang Sound of Rimbang Baling

Festival Subayang Sound of Rimbang Baling ini akan digelar pada bulan Maret tahun ini di Kabupaten Kampar. Jika Encik dan Puan ke Subayang maka mampirlah untuk melihat festival ini. Pada festival Subayang ini ada berbagai macam kegiatan akan dilaksanakan, di sini kita dapat melihat kearifan lokal yang ada.

2. Festival Bakar Tongkang
Festival Bakar Tongkang
Sumber: IG
bayuamdewinata

Festival ini merupakan acara budaya ritual bakar tongkang yang bertujuan untuk memperingati kehadiran masyarakat tionghoa yang datang ke Bagansiapiapi pada tahun 1820 lalu.

Pada puncak acara ritual pembakaran tongkang ini akan menunggu tiang kapal jatuh ke arah darat atau laut. Hal ini diyakini menjadi pertanda untuk ke mana mencari rezeki dengan melihat arah tiang tersebut jatuh.

Sebelum dibakar, kapal atau tongkang yang memiliki ukuran hingga 8,5 meter ini akan disimpan terlebih dahulu di dalam kuil untuk diberkati. Kemudian akan dibawa dengan cara diangkat oleh sekumpulan orang yang kemudian mengelilingi kota Bagansiapiapi.

Dalam pelaksanaanya, festival ini melibatkan berbagai komunitas yang akan memperkuat tema heritage. Hal ini bisa dalam bentuk bazar, pameran ataupun penampilan kesenian lokal lainnya.

Festival ini akan digelar pada bulan Juli tahun 2023 di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir.

3. Kenduri Riau Hela Muara

Pada tahun ini Kenduri Riau akan diadakan kembali. Hal ini akan menjadi ajang pertemuan para kreator yang akan memadupadankan komposisi musik, koreografi, sinema, serta produk ekonomi kreatif yang berbasis lokalitas.

Tema dari festival ini akan bertajuk “Hela Muara” yang merupakan sebuah perlambangan upaya dalam pengabdian semangat anak-anak yang berasal dari Siak, Rokan, Kampar dan Kuantan-Indragiri dalam menghadapi era yang terus berubah seiring berjalannya waktu.

Sesuai dengan Riau yang tak terlepas dari keberadaan empat sungai utama yang kelak mendarahi kultur. Hela Muara merupakan bentuk semangat untuk terus bergerak, adaptif, serat penyesuaian diri atas dinamika.

Kenduri Riau Hela Muara sendiri akan digelar pada bulan Agustus tahun 2023 di Kota Pekanbaru.

4. Festival Pacu Jalur
Festival Bakar Tongkang
Sumber: IG pacujalur_net

Pada awalnya pacur jalur diadakan pada saat perayaan ulang tahun Ratu Belanda. Namun, pada masa sekarang festival pacu jalur diadakan setiap hari kemerdekaan Indonesia.

Pacu jalur ini tidak hanya sekedar siapa yang paling duluan sampai ke garis finis, karena juga memiliki filosifi sendiri. Yakni sebuah perjalanan panjang yang berawal sekelompok orang masuk rimba dan mencari pohon yang sudah sangat tua.

Kemudian menyiapkan pohon pengganti sebelum menebang pokok yang nanti akan diubah menjadi jalur. Kebersamaan itu akan terus berlanjut kala masa bergotong-royong menggubah jalur sembari diiringi doa dan harapan.

Proses adat inilah yang tersimpulkan dalam ritual menobang, maelo, dan mendiang jalur. Di sini juga ada gulang-gulang yakni sebuah tiang tengah yang menjadi sentra keseimbangan jalur.

Di pacu jalur ini juga akan ada lambai-lambai yakni tempat juru mudi berdiri. Jalur akan diisi 20 hingga 60 anak dayung. Festival Pacu Jalur akan dilaksanakan di Kota Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi pada bulan September 2023 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.