7 Agenda Pariwisata Riau Masuk Nominasi KEN 2023, Patut Berbangga

60
7 agenda pariwisata riau

Encik dan Puan, pada Kharisma Event Nasional (KEN) 2023 terdapat 7 agenda Pariwisata Provinsi Riau yang lulus kurasi hasil atau masuk ke dalam nominasi.

7 Agenda Yang Masuk Ke Dalam Nominasi

Adapun 7 agenda pariwisata Riau yang masuk ke dalam nominasi Kharisma Event Nasional (KEN) 2023 ialah di antaranya Bakar Tongkang, Kenduri Riau, Festival Rupat, Festival Bono, Pacu Jalur, Siak Bermadah, dan Festival Subayang.

Untuk diketahui, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memiliki peran dalam menilai atau menyeleksi untuk masuk karisma event nasional tersebut. Demikian yang diutarakan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau Roni Rakhmat.

“Jadi di seluruh Indonesia itu ada 100 event pilihan. Sedangkan usulan dibatasi setiap provinsi 10 event yang boleh diusulkan,” ungkap Roni, Senin (9/1/2023).

Tahun Lalu Ada 3 Event

Lebih lanjut Roni mengatakan, setelah dilakukan tahap penyeleksian dari 10 agenda atau event yang diusulkan, Riau berhasil masuk ke dalam 7 nominasi Kharisma Event Nasional 2023.

Akan tetapi, lanjutnya, dari tujuh event itu belum tahu dipilih semua atau tidak. Karena dari tujuh event akan dipilih lagi oleh Kemenpar.

“Seperti tahun lalu saja Riau dapat tiga event, seperti Pacu Jalur, Kenduri Riau, dan Bandar Serai Festival,” ujar Roni.

Syarat Masuk KEN

Terkait syarat untuk masuk KEN, dijelaskan Roni ada beberapa kriteria yang harus dimiliki iven pariwisata. Di antaranya yakni unik (uniqueness), berkelanjutan (sustainable), dan bisa menjadi sektor unggulan (leading sector) pariwisata di daerah.

Untuk diketahui, KEN merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif (ekraf) di Indonesia. Selain itu juga diharapkan mampu membantu menggerakkan perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Libatkan Talent Lokal

Roni mengungkapkan bahwa pihaknya juga akan melibatkan talent lokal. Yang mana hal ini bertujuan untuk mempromosikan potensi kreatif dan keragaman budaya daerah. Tak hanya itu saja, setiap event terdapat fun market yang melibatkan pelaku ekraf untuk dapat dipromosikan serta meningkatkan transaksi penjualan.

Selain itu ia mengakui bahwa Gubernur Riau Syamsuar meminta kolaborasi pelaksanaan iven melibatkan komunitas, seniman dan pelaku pariwisata.

“Yang didukung oleh pemerintah serta pihak swasta,” ujarnya.

Harapan Kadispar Riau

Ia berharap agenda pariwisata di Provinsi Riau yang masuk nominasi Kharisma Event Nasional (KEN) 2023 lebih banyak dari tahun sebelumnya. Meskipun ia mengakui bahwa seleksi pada event tersebut cukup ketat.

“Karena kalau masuk Kharisma Event Nasional itu ada anggaran dan promosi yang dibiayai Kemenpar,” pungkasnya.