Daerah Terpadat di Pekanbaru, Ini Lokasinya

0
2500
Daerah Terpadat di Pekanbaru

Warga Pekanbaru dan sekitarnya, yuk cari tahu beberapa daerah terpadat di Kota Bertuah ini. Untuk diketahui ketiga daerah ini jumlah penduduknya ternyata paling padat di dibandingkan daerah lainnya di Pekanbaru.

Rata-rata Kepadatan Penduduk

Jika kita lihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Kota Pekanbaru saat ini mencapai angka lebih kurang 1.123.348 jiwa.

Adapun dari angka tersebut, tingka rata-rata kepadatan penduduk di Pekanbaru saat ini mencapai 1.780 jiwa per km persegi. Dengan demikian, dapat diketahui jika setiap satu km persegi dari Kota Pekanbaru ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1.780 jiwa.

Daerah Terpadat di Pekanbaru

Pekanbaru dikenal sebagai ibu kota provinsi Riau dan daerah terpadat penduduknya di Riau. Pekanbaru sendiri terdiri dari 15 kecamatan.

Tidak hanya itu, Pekanbaru juga terkenal sebagai kota sentra ekonomi yang cukup besar di Pulau Sumatera, sehingga tidak heran kalau Pekanbaru memiliki jumlah penduduk yang cukup padat.

Kemudian, Pekanbaru juga dikenal dengan daerah yang strategis. Hal tersebut disebabkan karena tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi juga sangat tinggi di kota ini.

Lalu daerah mana saja daerah terpadat di Pekanbaru saat ini? Berikut informasinya:

Sukajadi

Untuk posisi pertama daerah paling padat di Pekanbaru adalah Kecamatan Sukajadi. Kecamatan yang satu ini memiliki tingkat kepadatan penduduk mencapai 12.773 jiwa per km persegi.

Pekanbaru Kota

Selanjutnya, daerah paling padat di Pekanbaru kedua adalah Kecamatan Pekanbaru Kota. Di Kecamatan Pekanbaru Kota ini memiliki tingkat kepadatan penduduk mencapai 11.834 jiwa per km persegi.

Lima Puluh

Terakhir, daerah paling padat di Pekanbaru adalah Kecamatan Lima Puluh. Kecamatan Lima Puluh sendiri memiliki tingkat kepadatan penduduk mencapai 11.144 jiwa per km persegi.

Disclaimer

Untuk diketahui, kecamatan lainnya bukan tidak termasuk padat. Akan tetapi jika dilihat dari angka jumlah penduduk dan luas wilayah, tiga daerah tersebut paling tinggi dibandingkan daerah lainnya.

Seperti Kecamatan Senapelan dan Rumbai yang tidak masuk ke dalam daftar ini. Karena tingkat kepadatan penduduk di kecamatan Senapelan mencapai 5.773 jiwa per km persegi, sedangkan di Rumbai 1.625 jiwa per km persegi.