Julukan Kota Pekanbaru Kembali Menjadi Bertuah Pada Tahun 2023

0
2179
Julukan Kota Pekanbaru

Pada tahun 2023 ini, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun menegaskan bahwa julukan untuk Kota Pekanbaru akan berganti kembali menjadi Kota Bertuah.

Muflihun mengatakan ia telah banyak mendapatkan masukan dari tokoh masyarakat dan juga sesepuh terkait julukan Kota Pekanbaru ini.

Julukan Pekanbaru Sebelumnya

Pada masa jabatan Wali Kota sebelumnya Firdaus, julukan Pekanbaru ini sempat diubah menjadi Kota Madani. Saat itu banyak penolakan dari perbagai pihak terkait penggantian julukan tersebut. Pasalnya julukan Kota Bertuah sudah melekat puluhan tahun pada diri Kota Pekanbaru.

Terkait hal tersebut, Muflihun mengaku telah banyak mendapatkan masukan dari berbagai tokoh masyarakat agar julukan Pekanbaru dikembalikan menjadi Bertuah.

“Itu kata para tokoh masyarakat, menurut saya itu juga bagus,” ungkap Pj Wali Kota, Senin (2/1/2023).

Bertuah Memiliki Arti yang Sangat Bagus

Muflihun juga mengatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu Kota Pekanbaru itu bertuah dan arti bertuah itu sendiri sangat bagus. Bertuah sendiri merupakan kepanjangan dari Bersih, Tertib, Usaha Bersama, Aman, dan Harmonis.

“Itu kan bagus. Belum lagi kalau kita bicara soal bertuah, kita bisa dapat tuahnya. Makanya ini wajib kita pertimbangkan kembali,” jelasnya.

Meminta Tulisan Madani Diubah dan Tak Digunakan Sebagai Julukan Lagi

Oleh karena hal tersebut, Muflihun meminta agar tulisan Pekanbaru Kota Madani yang berlokasi di Jalan Surdiman dekat gerbang bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru itu diganti menjadi Pekanbari Bertuah.

“Kita minta itu tulisan Pekanbaru Madani yang ada di dekat bandara agar diubah kembali menjadi Pekanbaru Bertuah,” pintanya.

Meski mengembalikan julukan Pekanbaru menjadi Bertuah, untuk penggunaan kata madani sendiri masih diperbolehkan. Namun lain halnya untuk julukan.

“Saya tegaskan arti bertuah itu sangat bagus. Ada makna Melayu di sana, bertuah itu ada tuahnya. Kita berharap kita punya tuah, jadi banyak yang bisa kita ambil makna dari bertuah, jadi saya harap itu bisa diubah,” terangnya.

Terakhir, Pj Wali Kota Pekanbaru ini berharap agar dengan diubahnya kembali ke julukan Bertuah ke depannya Kota Pekanbaru bisa lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.