Wisata Edukatif di Perpustakaan Soeman HS

247

Tahu tak Encik dan Puan, jika Provinsi Riau memiliki Perpustakaan Terbesar Se-Asia Tenggara? Ya, perpustakaan tersebut adalah Perpustakaan Soeman HS. Letaknya yang berada di pusat Kota membuat perpustakaan ini selalu ramai dikunjungi terutama di akhir pekan. Pengunjung perpustakaan ini mayoritasnya adalah mahasiswa dan pelajar.

Perpustakaan Soeman Hs ini terdiri dari 5 lantai, dimana ditiap lantainya terdapat area khusus untuk membaca buku, mengakses internet gratis bahkan mengadakan berbagai kegiatan.

Begitu masuk ke lantai dasar, kita dapat menemukan Kid’s Corner yang menyediakan buku-buku anak, mainan edukatif serta komputer yang dapat digunakan sebagai media edukasi modern bagi anak.

Selain Kid’s Corner, kita dapat menemukan bilik Media Center yang bisa kita manfaatkan untuk mengakses internet gratis. Bilik Media Center ini adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau.

Bilik Media Center
Bilik Media Center

Jika ingin naik ke lantai berikutnya, jangan lupa untuk menitipkan tas di tempat penitipan ya.

Ruang koleksi bacaan puswil terdapat di lantai 1 sampai lantai 3. Di lantai 1 terdapat bagian registrasi, peminjaman dan pengembalian buku serta akses pencarian buku.

DSC_1621
Bagian Peminjaman & Pengembalian Buku
DSC_1619
Akses Pencarian Buku

Adapun koleksi buku yang ada di puswil antara lain, komputer, filasafat, psikologi, agama, sosial, ekonomi, hukum, pendidikan, bahasa dan ilmu murni.

DSC_1614
Koleksi Buku

Di lantai 2, selain terdapat koleksi buku seperti Kedokteran, Kesusasteraan dan sejarah, terdapat juga beberapa bilik-bilik koleksi khusus seperti Bilik Drs H. Ismail Suko, Bilik Tunas Integritas (Koleksi Fraud dan Rasuah), serta Bilik sastra Argo Lestari Tbk.

DSC_1615
Koleksi Buku

Lalu di lantai 3 terdapat koleksi buku undang-undang, Kamus, Singapura dan Malaysia Corner, Jurnal serta majalah. Lantai 3 ini menjadi daya tarik bagi para mahasiswa, dimana terdapat bilik melayu yang berisikan buku-buku melayu, koran dari berbagai terbitan, serta kumpulan Skripsi dan Thesis dari berbagai Universitas.

DSC_1620
Akses Internet

Selain itu ada ruang bedah buku yang bisa digunakan untuk acara bedah buku. Ruangan ini mampu memuat hingga 50 orang.

DSC_1613
Ruang Bedah Buku

Sedangkan di lantai 4 ada Chevron Corner, sebuah ruangan khusus milik PT Chevron. Di sini pengunjung dapat mengakses informasi mengenai PT. Chevron. Selain itu, ruangan ini bisa digunakan untuk umum.

Jadi buat kamu yang ingin menghabiskan waktu sambil mendapatkan ilmu yuk berkunjung ke Perpustakaan Soeman Hs, mari giatkan gemar membaca sejak usia dini 😉