Tempat Wisata Pekanbaru

433

Sebagai Ibukota Provinsi Riau, Kota Pekanbaru lebih dikenal sebagai kota bisnis ketimbang tujuan wisata. Namun, bukan berarti di Pekanbaru tidak ada tempat wisata. Berikut ini tempat Wisata Pekanbaru.

Wisata Rekreasi

  • Riau Fantasi & Labersa Waterpark

88waterboom

Riau Fantasi atau biasa disingkat Rifan, adalah tempat wista pekanbaru untuk keluarga yang mengusung konsep taman rekreasi dan waterpark. Lokasinya tak jauh dari pusat kota atau sekitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Riau Fantasi terletak di komplek Labersa Grand Hotel and Convention Center Jalan Parit Indah, Kabupaten Kampar. 

Disini ada wahana permainan air, seperti beberapa jenis kolam dan papan seluncur air.  Selain wahana air, ada berbagai permainan seperti kereta wisata, komedi putar dan lain-lain.

  • Taman Rekreasi Putri Kaca Mayang

taman-putri-kaca-mayang1

Tempat Wisata Pekanbaru berikut ini adalah Taman Ria Putri Kaca Mayang dimana taman ria yang pertama kali ada di Kota Pekanbaru. Lokasinya di pusat kota, tepat di depan kantor Walikota Pekanbaru. Sebagai taman ria yang pertama, tentu kita memiliki banyak memori tentangnya kan?

Ada banyak fasilitas hiburan yang tersedia, antara lain kolam renang, komedi putar, bombom car dan berbagai macam permainan lainnya.

Kabar terbaru, taman ria ini akan dibongkar dan akan dijadikan taman kota. Dimana nantinya di taman putri kaca mayang akan dibuat jalan penghubung dari jalan Jenderal Sudirman ke jalan Sumatera.

Saat ini Taman Ria Putri Kaca Mayang telah dihancurkan dan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang.

  • Kebun Binatang Kasang Kulim

img_1982@j-329

Kebun Binatang Kasang Kulim terletak di jalan Kubang Raya, Kecamatan Siak Hulu. Lokasinya dapat ditempuh lebih kurang 25 km atau sekitar 30 menit dari pusat kota Pekanbaru. Tapir merupakan maskot Kebun binatang kasang kulim.

Tempat wisata Pekanbaru Kebun Binatang Sang Kulim memiliki banyak koleksi binatang, antara lain monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi. Selain dapat mengenali berbagai binatang langka, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas permainan seperti andong, bebek kayuh, papan seluncur, ayunan dan juga kolam pancing dan kolam renang anak.

  • Trans Studio Mini

Diresmikan sejak 19 Mei 2017 yang lalu, tempat rekreasi keluarga ini tak pernah sepi dari pengunjung, terutama saat hari libur. Sejumlah permainan maupun wahana hiburan dapat ditemui di Trans Studio Mini yang juga dilengkapi dengan restoran tersebut. Para pengunjung yang datang di Trans Studio Mini ini akan dimanjakan dengan berbagai wahana menarik mulai dari Happy Swing, Bumper Car, Crazy Cab Coaster, Sky Rider, dan Carousel.

Wisata Alam:

  • Danau Kayangan, Rumbai

Tempat Wisata Pekanbaru ini berada di Desa Limbungan Kecamatan Rumbai pesisir, Kota Pekanbaru. Dahulu bernama Danau Buatan, saat ini bernama Danau Bandar Kayangan Lembah Sari atau yang dikenal dengan nama Danau Kayangan. Disebut Danau Buatan karena dulunya ini adalah sebuah bendungan irigasi yang disulap menjadi objek wisata.

Di Danau Kayangan kita bisa menikmati angin sejuk dipinggir danau bersama keluarga, memancing ikan, kita juga dapat menaiki kendaraan air untuk berkeliling danau. Bahkan pada saat penyelengaaraan PON ke XVIII di Riau, danau ini dijadikan salah satu venue untuk cabang olahraga ski air.

  • Taman Wisata Alam Mayang

1

Alam Mayang mengusung wahana rekreasi keluarga di alam terbuka. Disini kita dapat menikmati suasana alam yang tenang di kawasan kota Pekanbaru. Letaknya tak jauh dari pusat kota, yakni di tepi jalan H Imam Munandar (dulunya jalan Harapan Raya) KM 8, Kecamatan Bukit Raya.

Alam Mayang merupakan wisata favorit warga Pekanbaru dan selalu ramai saat hari libur. Di Alam Mayang terdapat beberapa fasilitas seperti: outbound, memancing, bersepeda air dan beragam permainan lainnya.

  • Kawah Putih Air Biru

DSC_1425

Tempat wisata Pekanbaru ini merupakan sebuah tanah bekas galian berpasir putih yang di genangi air hujan sehingga  menjadi seperti kawah berpasir putih dan air biru. Tersebar dari mulut ke mulut, banyak kalangan anak muda yang mengabadikan lokasi ini sebagai foto profil di akun media sosial miliknya. Letaknya di tanah kosong milik karyawan PLN yang tak jauh dari hotel labersa Desa Tanah Merah Kabupaten Kampar.

Lokasi ini sekarang berada di perumahan, tidak ada aktivitas warga yang berkunjung ke tempat yang pernah hits ini dulu lagi.

Wisata Sejarah & Budaya

  • Museum Sang Nila Utama

Musium Sang Nila

Museum Sang Nila Utama ini terletak di jalan Jenderal Sudirman Nomor 194. Museum ini merupakan museum sejarah terbesar dan terlengkap di Pekanbaru.

Disini kita dapat melihat sekitar 3.886 koleksi museum, koleksi yang paling menonjol ialah sejarah Provinsi Riau. Buka tiap Selasa-Minggu, tidak dipungut biaya masuk.

Disebelah Museum Sang Nila Utama, terdapat Gedung Taman Budaya Riau. Berarsitektur Melayu yang sangat kental, gedung ini digunakan sebagai tempat pagelaran berbagai kegiatan budaya dan seni Melayu Riau serta kegiatan-kegiatan lainnya.

  • Perpustakaan H Soeman HS

81f917afce0a7da6d0174bZty-107

Perpustakaan Wilayah H Soeman HS merupakan perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Letaknya yang berada di pusat kota, memudahkan kita untuk berkunjung kesana. Bentuk bangunannya yang megah, dimana menjadikan perpustakaan ini sebagai salah satu landmark Kota Pekanbaru.

Nama perpustakaan ini berasal dari nama salah seorang seniman Riau, yakni H Soeman HS (Hasibuan). Perpustakaan ini terdiri dari lima lantai. Perpustakaan ini buka setiap hari, kecuali pada saat hari libur nasional.

  • Pecinan

14 - 1

Di Pekanbaru juga ada pecinan (chinatown) lho, lokasinya di Jalan Dr Leimena (dulunya jalan karet). Saat ada perayaan Imlek, di kampung Tionghoa ini biasanya diadakan perayaan, ada lampion, atraksi barongsai, bakar petasan hingga perayaan kembang api.

Wisata Rohani

  • Mesjid Agung Annur
Tempat Wisata Pekanbaru
Tempat Wisata Pekanbaru

Mesjid Agung Annur seringkali disebut sebagai Taj Mahal-nya Indonesia, karena memadukan arsitektur gaya Melayu, Arab, Turki dan India. Selain menjadi tempat ibadah, mesjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Bahkan rasanya belum afdhol jika tidak ke mesjid ini saat berkunjung ke Pekanbaru.

  • Mesjid Raya Senapelan

Mesjid yang terletak di jalan Mesjid nomor 13, kecamatan Senapelan, ini merupakan mesjid tertua di Pekanbaru. Mesjid ini menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan kota Pekanbaru. Dibangun sekitar tahun 1762 saat pemerintahan Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah, Sultan keempat Kerajaan Siak Indrapura.

Mesjid ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, terutama saat bulan ramadhan. Di areal mesjid ini terdapat Makam Marhum Bukit serta Makam Marhun Pekan yang merupakan pendiri kota Pekanbaru.

Wisata Taman

  • Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang

Kawasan ini dulunya lokasi wahana permainan, Taman Ria Putri Kaca Mayang, dan SPBU. Belakangan SPBU dan wahana bermain tersebut tidak berfungsi lagi. Dari sanalah, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman lantas menyulapnya menjadi kawasan ruang terbuka hijau. Taman ini luasnya sekitar 1 ha, dan ada jalan tembus dari Jalan Jenderal Sudirman ke Jalan Sumatera.

Lokasinya yang berada di jantung kota, menjadikannya salah satu taman favorit warga Pekanbaru. Mulai dari sore hingga malam, taman ini selalu ramai dikunjungi. RTH Putri Kaca Mayang ini merupakan lahan milik Pemprov Riau yang dibangun khusus untuk rileks sejenak warga Pekanbaru.

  • Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Integritas

RTH Tunjuk Ajar Integritas ini menjadi salah satu taman yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersamaan dengan RTH Putri Kaca Mayang. Lokasinya berada di eks Kantor Dinas PU Provinsi Riau, Jalan Ahmad Yani. Di sini juga menjadi salah satu taman favorit warga Pekanbaru. Mulai dari sore hingga malam, taman ini selalu ramai dikunjungi.

Ada yang unik di taman ini, yakni Prasasti yang menandakan bahwa Bendera Merah Putih pertama kali dikibarkan di Kota Pekanbaru dan Tugu Anti Korupsi. Tugu ini dibangun pada saat Riau menjadi Tuan Rumah peringatan “Hari Anti Korupsi” tahun 2016 yang lalu.

  • Taman Kota

Taman Kota Pekanbaru yang berada di Jalan Diponegoro, tepatnya di sebelah Hotel Arya Duta. Letaknya yang berada di tengah kota, menjadikannya salah satu taman yang sering dikunjungi warga Kota Pekanbaru. Di sini Encik dan Puan dapat sekedar menikmati kulineran, bercengkrama dengan teman-teman, hingga bermain bersama anak-anak.

  • Hutan Kota

Di kawasan ini bisa jadi salah satu tempat untuk melepas lelah dari hiruk pikuk kota. Hutan Kota merupakan hutan yang terletak di tengah Kota Pekanbaru tepatnya di Jalan Diponegoro. Hingga saat ini, Hutan Kota Pekanbaru masih dikunjungi oleh masyarakat meski keadaan hutan kota memprihatinkan seperti sudah tidak terurus lagi.

  • Taman Kayu Putih

Banyak warga Pekanbaru sendiri yang tidak mengenal taman ini. Nyatanya Taman Kayu Putih ini terletak di tengah kota, tepatnya di Jalan Tambelan, belakang Hotel Arya Duta. Suasana di taman ini sendiri cukup teduh dan rindang, sehingga sering dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga, terutama anak-anak. Namun harus siapkan cairan anti nyamuk, karena di sini nyamuknya cukup banyak. Selain arena bermainnya yang masih terawat, di sini ada spot foto instagrammable.

  • Taman Rumah Singgah Tuan Kadi

Taman Rumah Singgah Tuan Kadi ini terletak di Jalan Perdagangan, tepian Sungai Siak, tepatnya di bawah Jembatan Siak III. Di lokasi ini selain dapat bersantai menikmati suasana tepian Sungai Siak, kita dapat melihat salah satu cagar budaya di Pekanbaru. Yakni Terminal lama Bom Baru dan Rumah Singgah Tuan Kadi.

Bahkan ketika sore, ada beberapa anak kecil yang terjun bebas dari atas jembatan. Mereka tanpa takut terjun dan berenang di Sungai Siak. Jika ingin meminta mereka melakukan atraksi terjun dari jembatan jangan lupa siapkan uang kecil, untuk “uang jajan” mereka.

Di kawasan ini juga menjadi pusat pelaksanaan tradisi Melayu Pekanbaru dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Petang Belimau. Bagaimana, tertarik untuk menghabiskan sore di tepian sungai Siak, Encik dan Puan?

  • Taman Bunga Impian Okura

Taman Bunga Impian Okura, merupakan wisata Taman Bunga pertama di Kota Pekanbaru. Taman ini sedang hits dan ramai dikunjungi terutama dari kawula muda. Jika Encik dan Puan hendak datang berkunjung ke Taman Bunga Impian Okura, lokasinya sendiri berada di Desa Okura, Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Selain dapat menikmati pemandangan bunga yang indah, Taman Bunga Impian Okura memiliki keunikan dibanding dengan taman bunga lainnya. Yakni lokasinya yang terletak persis di tepi Sungai Siak. Sehingga para pengunjung juga dapat menikmati angin sepoi-sepoi serta pemandangan kapal-kapal yang melewati Sungai Siak.

Wisata Edukasi

  • Rumah Jamur Nando

Rumah Jamur Nando terletak di Jalan Imam Munandar (Harapan Raya) ujung, tepatnya di Jalan Singkong Gang Singkong No 3, Tenayan Raya, Pekanbaru. Di sini menawarkan pengalaman wisata yang edukatif, murah, dan unik. Jadi di sini Encik dan Puan dapat ikut belajar segala hal mengenai jamur, mulai dari budidaya jamur, kewirausahaan, dan pendidikan mengenai jamur.

Nah jika Encik dan Puan berminat berkunjung ke sini, bisa DM ke @rumahjamurnando atau bisa menghubungi nomor 082384286763 (Telp/WA). Waktu operasionalnya setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk tarifnya sendiri cukup terjangkau, di hari Senin-Jum’at tarifnya adalah sebesar Rp.15.000/orang, sementara di hari Sabtu-Ahad (weekend dan hari libur) tarifnya adalah sebesar Rp. 20.000/orang.

  • Asia Farm Pekanbaru

Asia Farm Pekanbaru merupakan objek wisata baru berkonsep pertanian bergaya Eropa dan mirip dengan permainan Hay Day. Lokasinya berada di  Jalan Badak ujung, Kecamatan Tenayan Raya. Di sini, Encik dan Puan bisa menikmati tour ala Eropa, foto ala Jepang, game seru berhadiah, bioskop mini, melihat hewan ternak, bertani dan lain sebagainya.

Untuk tiket masuk, pengunjung dikenakan tarif Rp 25.000 per orang untuk semua umur. Ada pengecualian untuk anak kecil dengan tinggi di bawah 70 cm, yang tidak kenakan biaya. Sedangkan untuk jam operasionalnya sendiri, Asia Farm buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

  • Agrowisata Tenayan Raya

Agrowisata Tenayan Raya ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Pekanbaru, yakni di Jalan Kadiran, Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Tenayan Raya. Agrowisata ini memiliki konsep wisata edukasi, jadi pengunjung bisa berwisata sekaligus belajar banyak hal tentang dunia pertanian dan peternakan.

Dengan lahan seluas 1,5 hektar tersebut diisi dengan berbagai macam hewan ternak seperti kambing, lebah kelulut, ikan, dan angsa. Sedangkan untuk bidang pertanian, ada padi, jambu madu, lengkeng, jagung, kangkung, jeruk peras dan jeruk kasturi.

Tidak hanya edukasi seperti di atas yang bisa Encik dan Puan dapatkan di Agrowisata Tenayan Raya ini, di kawasan ini juga terdapat permainan anak-anak seperti panahan, flying fox, motor ATV, dan kolam renang.

  • Kampoeng Rabbits

Wisata Kampoeng Rabbits ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, letaknya di Jalan Kenanga, Kulim, Tenayan Raya. Tak perlu khawatir kesulitan mencarinya, karena ada plangnya pinggir jalan. Di sini menawarkan hal-hal menarik dan unik dari wisata lainnya, ada banyak kelinci yang Encik dan Puan bisa temui.

Selain melihat dan bermain dengan kelinci, di Kampoeng Rabbits ini para pengunjung juga bisa bertanya kepada pemilik wisata bagaimana merawat kelinci, mengobati kelinci ketika sakit, pantangan yang tidak boleh diberikan, menyayangi kelinci, memberikan asupan gizi yang baik dan lainnya. Tentunya banyak ilmu baru tentang kelinci yang bakal Encik Puan dapatkan di sini.

Puas bermain dengan kelinci, Encik dan Puan juga bisa menikmati sate kelinci di sini. Sate ini dibanderol dengan harga Rp25.000 per porsinya. Namun, sate kelinci ini hanya tersedia setiap weekend dan hari libur saja.

Wisata Belanja

  • Pasar Wisata, Pasar Bawah
Tempat Wisata Pekanbaru
Pasar Bawah

Cari oleh-oleh khas Pekanbaru? Yuk ke Pasar Bawah aja. Pasar tertua di Pekanbaru ini berada di ujung Jalan Ahmad Yani, kecamatan Senapelan. Disini kita dapat menemukan berbagai produk impor dari Singapura, Malaysia, Taiwan, Cina, Timur Tengah bahkan Italia dengan harga miring.

Untuk makanan khas disini kita dapat menemukan bolu kambojo yang nikmat dan aneka makanan khas Melayu. Selain itu, juga banyak aksesoris cantik dapat kita temukan di sini.

  • Dekranasda Riau
Tempat Wisata Pekanbaru
Tempat Wisata Pekanbaru

Dekranasda adalah pusat cinderamata Riau terlengkap di kota Pekanbaru. Lokasinya di ujung Jalan Sisingamangaraja. Disini ada busana Melayu Riau, batik Riau, kain tenun, kain songket, serta berbagai kerajinan kayu. Selain itu, kita juga dapat melihat proses pembuatan batik Riau yang cantik dan kaya akan warna.