SIM Drive Thru Pekanbaru, Begini Cara Perpanjangannya

507
SIM Drive Thru Pekanbaru

Di masa pandemi, layanan SIM Keliling Pekanbaru tidak beroperasional. Oleh karenanya, Polda Riau meluncurkan layanan SIM Drive Thru Pekanbaru.

Layanan SIM Drive Thru Pekanbaru ini berada di Mapolda Riau, Jalan Pattimura, yang diresmikan oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono pada 20 Mei 2021 lalu.

Melayani SKCK

Tidak hanya perpanjangan SIM A dan C, layanan Drive Thru Polda Riau ini juga bisa untuk pembuatan dan perpanjangan SKCK.

Adapun tujuan berdirinya layanan Drive Thru Polda Riau tersebut untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan terbaik dalam pelayanan kepolisian secara terpadu.

Cara Perpanjang SIM

Berikut ini tata cara perpanjangan SIM melalui layanan Drive Thru Polda Riau tersebut yakni:

Namun, sebelum mengisi formulir pendaftaran online, maka diwajibkan mengurus persyaratan antara lain:

  • Surat Psikologi di SATPAS RSDC Pekanbaru & SATPAS POLRES Wilayah RIAU
  • Surat Kesehatan di SATPAS RSDC Pekanbaru & SATPAS POLRES Wilayah RIAU
  • e-KTP
  • SIM yang masih berlaku

Selanjutnya, persyaratan tersebut diatas di foto dan di-upload saat melakukan pendaftaran online dan mendapatkan Nomor Registrasi Online Pendaftaran (Screenshot).

Kemudian isi formulir yang disediakan dalam Aplikasi Pelayanan Terpadu Polda Riau Online sesuai dengan layanan yang diinginkan, dan mengambil produk yang sudah jadi melalui skema drive thru di Gedung Pelayanan Terpadu Polda Riau.

Setelah data selesai di upload, petugas akan melakukan verifikasi dan hasil verifikasi bisa dicek statusnya dengan memasukan Nomor Registrasi Online.

Setelah itu akan muncul notifikasi dan balasannya, jika hasil dari cek status apabila lengkap maka bisa cetak atau screenshoot hasil cek status.

Selanjutnya, Encik dan Puan datang pada waktu yang tertera dalam bukti registrasi online dengan membawa serta persyaratan secara fisik (KTP Asli, SIM Asli, Surat keterangan kesehatan dan surat keterangan Psikologi) ke lokasi pelayanan Drive Thru Polda Riau.

Terakhir, pemohon SIM bisa melakukan pembayaran PNBP SIM, sidik jari, tanda tangan, foto dan pencetakan. SIM pun sudah bisa didapatkan.

Nah itulah tata cara perpanjangan SIM melalui layanan Drive Thru Polda Riau semoga bisa bermanfaat ya Encik dan Puan!