Serba-Serbi Kartu Identitas Anak Pekanbaru

73
Kartu Identitas Anak Pekanbaru

Kartu Identitas Anak Pekanbaru sendiri tengah digesa oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru.

Kartu Identitas Anak (KIA) dianggap sebagai upaya dalam memenuhi hak anak. Karena pada dasarnya, pemerintah wajib memberikan identitas kepada seluruh warga Indonesia.

Menurut kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI No. 2 Tahun 2016 tentang kartu Identitas anak, KIA diberikan bagi anak yang berumur kurang dari 17 tahun dan belum menikah.

Encik dan Puan, kabarnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sudah menerbitkan lebih kurang 16 ribu KIA, selama tahun 2019.

Salah satu warga Tenayan Raya, Siti Maksumah menyebutkan bahwa anaknya Sofia yang sedang bersekolah di salah satu Sekolah Dasar di Pekanbaru, belum memiliki KIA dan akan segera mengurus penerbitan KIA untuk anaknya.

“Belum mengurus. Karena awalnya ada informasi yang menyebut pihak sekolah akan mengurus, kalau ternyata kita yang urus sendiri, ya gak papa tinggal ke kantor camat aja” ungkapnya kepada infoPKU, Sabtu (18/1).

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita mengimbau kepada para orangtua bisa mengurus Kartu Identitas Anak Pekanbaru di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdukcapil Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru.

Syarat Pembuatan KIA:

  • Fotokopi Akta kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran aslinya
  • KTP orang tua/wali
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Melampirkan foto ukuran 2×3 untuk anak yang telah berusia 5 tahun dan belum memiliki KIA

Proses Pembuatan KIA:

  • Untuk anak yang berumur 0-5 tahun diberikan KIA yang tidak disertai foto.
  • Setelah anak berumur 5-17 tahun (kurang sehari) diberikan KIA dengan menampilkan foto pemilik kartu.

Adapun anak setelah berumur 17 tahun, KIA tersebut akan diganti dan diterbitkan KTP elektronik.

Cara Pembuatan KTP Anak

  1. Pemohon atau orangtua anak menyerahkan persyaratan penerbitan KIA ke UPT Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang ada di masing-masing kantor Camat di Pekanbaru.
  2. Kepala Dukcapil Kota Pekanbaru menandatangani dan menerbitkan KIA.
  3. KIA dapat diberikan kepada pemohon atau orangtuanya di kantor Dinas atau kecamatan atau desa/kelurahan.