Fakta Tol Pekanbaru-Bangkinang Yang Perlu Diketahui

458
Fakta Tol Pekanbaru-Bangkinang

Ruas tol Pekanbaru-Bangkinang akan beroperasi Kamis (27/10/2022) mendatang. Berikut ini beberapa fakta tol Pekanbaru-Bangkinang yang perlu Encik dan Puan ketahui.

Gratis Selama 2-3 Minggu

Selama masa ujicoba, ruas tol Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka selama 24 jam penuh dan tanpa dipungut biaya selama dua hingga tiga minggu ke depan usai diresmikan.

Ujicoba operasional ini rencananya akan dimulai dari kilometer 10+095 hingga kilometer 40+986 atau sepanjang 31 kilometer. Adapun tol sendiri dibuka mulai pukul 07.00 WIB pada tanggal 27 Oktober 2022.

Tarif Tol

Setelah uji coba selesai, pengguna tol akan dikenakan tarif. Diperkirakan tarif Tol Pekanbaru-Bangkinang adalah sekitar Rp35 ribu. Dengan tarif tol ini diperkirakan Rp1.000 per kilometernya. Panjang tol Pekanbaru-Bangkinang sendiri adalah 31 kilometer.

Pintu Tol

Pintu tol menuju Bangkinang sekaligus pintu keluar dari Pekanbaru berada di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang. Sedangkan pintu tol menuju Pekanbaru sekaligus pintu keluar dari Bangkinang, berada di Kelurahan Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari Bangkinang Kota, Ibu kota Kabupaten Kampar.

Menggunakan Teknologi BIM

Ruas tol Pekanbaru-Bangkinang menjadi tol pertama di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menggunakan teknologi building information modeling (BIM). BIM sendiri adalah representasi digital dari karakteristik fisik dan karakter fungsional dari suatu bangunan.

Yang mana di dalamnya terkandung segala informasi terkait elemen-elemen bangunan tersebut. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai basis pengambilan keputusan dalam kurun waktu siklus umur bangunan mulai dari konsep hingga demolisi.

Telah Diujicoba Saat Mudik Lebaran

Tol Pekanbaru-Bangkinang ini telah diujicoba gratis pada mudik Lebaran 1443 H lalu. Saat itu dibuka satu jalur untuk arus mudik ke arah Bangkinang pada H-7 hingga Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Kendaraan menuju Bangkinang melintasi jalan nasional, barulah pada H+1 hingga H+7 lebaran jalur dibuka untuk arus balik ke arah Pekanbaru.

Telah Lulus Sertifikat Laik Operasional

Tol Pekanbaru-Bangkinang telah dilakukan Uji Laik Fungsi pada 6 Juni 2022 lalu. Hasilnya mendapatkan Sertifikat Laik Operasional (SLO) pada 29 Juli 2022 lalu. Dengan keluarnya sertifikat tersebut menandakan jalan bebas hambatan tersebut sudah tidak ada masalah.

Waktu Tempuh

Waktu yang ditempuh tol Pekanbaru-Bangkinang sekitar 30-45 menit dengan kecepatan rata-rata 80 kilometer/jam. Jika melewati jalan nasional, jarak dari Pekanbaru-Bangkinang adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam lebih.

Dengan demikian, saat melewati Tol Pekanbaru-Bangkinang kita bisa memangkas waktu tempuh sekitar setengah jam lebih cepat.

Siap Beroperasi Dengan Personil dan Fasilitas

Hutama Karya sebagai pengelola tol telah menyiapkan unsur pendukung pengoperasian Tol Pekanbaru-Bangkinang yang terdiri dari 106 personil. Juga tersedia 22 unit kendaraan siaga yang terdiri dari Ambulans, Derek, Patroli Jalan Raya (PJR), Rescue, dan lainnya.

Selain itu juga ada 4 Garda Tol Otomatis (GTO). Tol Pekanbaru-Bangkinang juga akan dipantau melalui CCTV di 31 titik dan Variable Message Sign (VMS) di 2 titik.

Demikianlah beberapa fakta tol Pekanbaru-Bangkinang, semoga bermanfaat.