Tol Pekanbaru-Rengat Segera Dibangun, Berikut Updatenya

0
292
Tol Pekanbaru-Rengat Segera Dibangun

Setelah penetapan lokasi (Penlok) Tol Pekanbaru-Rengat rampung, rencananya proyek jalan tol terpanjang di Provinsi Riau ini akan segera dibangun.

Sebagaimana diketahui, jika saat ini progres pengadaan lahan Jalan Tol Pekanbaru–Rengat untuk seksi Junction Pekanbaru Bypass Pekanbaru hingga kini masih terus berjalan. Demikian yang dijelaskan oleh EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo.

Dalam rencananya, Jalan Tol Pekanbaru-Rengat yang akan segera dibangun tersebut akan menjadi penghubung Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) tahap II.

Yakni nantinya terdapat 3 ruas yang masuk dalam tahap kedua pembangunan JJTS itu, yakni:

  • Betung–Tempino–Jambi
  • Jambi–Rengat
  • Rengat–Pekanbaru
Sempat Alami Kendala

Asisten II Sekretariat daerah provinsi Riau M Job Kurniawan mengatakan jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya untuk melakukan percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Khususnya untuk Ruas Pekanbaru-Rengat sepanjang 175 kilometer (Km).

M Job Kurniawan menerangkan, meskipun sempat mengalami berbagai kendala dalam penlok seperti dibangun melewati jaringan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET), kawasan budidaya perikanan, dan lain sebagainya. Namun saat ini proses penetapan lokasi ruas Jalan Tol Pekanbaru-Rengat telah selesai.

“Sudah ada yang digeser trasenya, bahkan sudah dilakukan pengukuran Satker Badan Pertanahan Nasional,” ungkap M Job Kurniawan, Jumat (18/8/23).

Terkoneksi Dengan Tol Pekanbaru-Padang

Asisten II Setdaprov Riau ini melanjutkan, Jalan Tol Pekanbaru-Rengat yang akan dibangun ini nantinya akan terkoneksi dengan jalan tol Pekanbaru-Padang. Sehingga nantinya dua Jalan tol tersebut yang akan menjadi sayap JTTS ke depannya. Namun saat ini koneksi tersebut masih dalam tahap proses.

Kelurahan yang Terdampak Pembangunan

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menjelaskan bahwa untuk progres pembangunan jalan tol Pekanbaru-Rengat dari sisi Kota Pekanbaru telah berjalan lancar. Bukan hanya itu saja, pengukuran serta penilaian lahannya untuk sisi Pekanbaru sudah mencapai 50 persen.

“Namun karena pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Rengat itu, sebanyak 921 bidang tanah atau persil yang terdampak,” tutur Sekdako Pekanbaru.

Adapun beberapa kelurahan yang terdampak dengan proyek pembangunan tol Pekanbaru-Rengat, yaitu:

  • Sri Meranti
  • Agrowisata
  • Rumbai Bukit
  • Palas
  • Muara Fajar Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.