Penlok Ruas Tol Pekanbaru-Rengat Telah Tuntas

0
287
Penlok Ruas Tol Pekanbaru-Rengat

Setelah mengalami berbagai kendala, akhirnya penetapan lokasi (Penlok) rencana pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Rengat dinyatakan telah tuntas.

Tol yang akan menghubungkan Kota Pekanbaru dengan Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, tersebut direncanakan akan dibangun sepanjang 175 kilometer.

Kendala yang Dihadapi

Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan, menjelaskan bahwa ada berbagai kendala yang dihadapi dalam penlok ruas tol Pekanbaru-Rengat. Mulai dari ruas jalan yang akan dibangun melewati pondok pesantren, jaringan sutet, kawasan budidaya perikanan, bahkan helipad.

Namun kendala penlok tersebut sudah teratasi, bahkan trasenya sudah diperbaiki. Adapun saat ini sudah dilakukan pengukuran oleh satuan kerja Badan Pertanahan Nasional (BPN). Pihaknya sendiri mensyukuri Penlok tol Pekanbaru-Rengat akhirnya sudah selesai.

Akan Terkoneksi Dengan Tol Pekanbaru-Padang

Asisten II Setdaprov Riau tersebut menerangkan, nantinya ruas tol ini tidak hanya menghubungkan lintas kabupaten/kota di Riau saja.

Akan tetapi pembangunan jalan tol Pekanbaru-Rengat ini nantinya bisa terkoneksi dengan rencana pembangunan tol ruas Pekanbaru-Padang. Selain itu, nantinya juga bisa terkoneksi ke jalan tol Pekanbaru Dumai.

“Saat ini, koneksi tersebut juga masih dalam proses,” sebut M Job Kurniawan, Selasa (15/8/2023).

Dia menerangkan, nantinya ruas jalan tol Pekanbaru-Padang ini akan menjadi sayap dari proyek jalan tol trans sumatera (JTTS).

Update Tol Pekanbaru-Bangkinang

Adapun hingga saat ini untuk pengerjaan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang masih terus digesa, terutama pada bagian pintu tol. Kendati ruas jalan tol ini sudah bisa dilalui, akan tetapi masih ada beberapa pekerjaan yang belum selesai.

Hal tersebut dikarenakan ada beberapa lahan yang belum selesai ganti rugi. Demikian yang diucapakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan (PUPR PKPP) Riau Arief Setiawan.

“Masih dalam tahap persiapan ganti rugi lahan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.