Kenali Gejala Infeksi Corona Hari ke Hari

653
Gejala Infeksi Corona

Gejala Infeksi Corona atau COVID-19 hampir sama dengan gejala lainnya seperti penyakit influenza. Namun ada beberapa perbedaan yang bisa dijadikan patokan jika menimpa diri sendiri, keluarga atau orang terdekat.

Seperti yang dijelaskan oleh Juru Bicara COVID-19 Provinsi Riau, dr. Indra Yovi, Sp.P (K):

Berikut gejala-gejala yang timbul akibat infeksi Corona:

Hari Pertama-Ketiga

Pada hari pertama sampai hari ketiga, gejala virus ini seperti gejala masuk angin, sakit tenggorokan ringan, sakit sedikit. Penderita juga tidak merasa demam, tidak lelah, masih makan dan minum secara normal.

Hari Keempat

pada hari keempat, sakit tenggorokan semakin agak sakit, mabuk badan, suara mulai serak, suhu tubuh berkisar antara 36.5 atau tergantung masing-masing orang. Penderita juga akan mulai merasa Anoreksia, sakit kepala ringan disertai diare ringan.

Hari Kelima

Hingga hari kelima, sakit tenggorokan makin menjadi, suara semakin serak, suhu tubuh juga berkisar antara 36.5 – 36.7 serta tubuh merasa lelah nyeri pada persendian. Tahap ini juga masih sulit dikenali sebagai infeksi dingin atau koroner.

Hari Keenam

Pasien mulai demam dengan suhu tubuh sekitar 37 yang disertai dengan batuk berlendir atau batuk ringan. Sakit tenggorokan mulai mengganggu ketika makan, berbicara atau menelan. Tubuh merasa kelelahan, mual, sesekali sulit untuk bernafas, jari sakit yang teduh bahkan disertai diare dan muntah.

Hari Ketujuh

Hari berikutnya, suhu tubuh semakin tinggi antara 37.4 sampai 37.8. Batuk juga lebih banyak dan dahak juga semakin banyak. Nyeri tubuh semakin menjadi, kepala terasa berbobot seperti batu, frekuensi nafas pendek tetap sama seperti hari-hari yang lalu, diare disertai muntah juga semakin banyak.

Hari Kedelapan

Di hari ke delapan, suhu badan semakin naik bahkan mencapai angka 38 bahkan lebih. Semakin sulit untuk bernafas, bahkan setiap kali bernafas terasa berat dan mengeruntukan. Batuk semakin terus menerus bahkan jika banyak berbicara terlihat seperti orang bisu. Begitu juga dengan kondisi tubuh, semakin terasa sakit kepala, nyeri sendi dan sakit pinggang.

Hari Kesembilan

Gejala di hari kesembilan semakin terlihat, gejala tidak mengalami perubahan dari hari ke hari bahkan semakin parah. Demam semakin tinggi, batuk juga tidak kunjung reda dan bahkan lebih buruk dari hari sebelumnya, serta dada semakin sesak dan semakin sulit untuk bernafas.

Jika sudah memasuki hari ke sembilan dengan tanda-tanda kondisi di atas, maka pasien harus segera melakukan tes darah dan rontgen paru-paru harus diambil untuk diperiksa. Untuk itu, perlu mengetahui gejala-gejala tersebut supaya bisa segera dirujuk ke rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 terdekat.