5 Hal Produktif Yang Bisa Dilakukan Saat #dirumahaja

278

Dengan semakin meningkatnya jumlah pasien yang terinfeksi virus Corona (COVID-19), masyarakat dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan menerapkan isolasi mandiri untuk mengurangi tingkat penyebaran virus.

Dalam kondisi seperti ini, Encik dan Puan sebaiknya jangan hanya berdiam diri saja, lakukan beberapa hal-hal produktif dan bahkan yang bisa menghasilkan uang.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa Encik dan Puan lakukan untuk meningkatkan produktifitas ditengah pandemi corona:

Memasak

Saat ini keahlian memasak bukan hanya dimiliki oleh kaum wanita saja, namun banyak juga pria-pria yang memiliki kemampuan memasak yang mumpuni yang bahkan berprofesi sebagai Chef profesional.

Jika Encik ataupun Puan memiliki bakat memasak dan selama ini tidak memiliki waktu untuk mengembangkannya, maka dikondisi seperti inilah Encik dan Puan bisa meluangkan waktu untuk mencoba berbagai resep masakan.

Jika kemampuan memasak Encik dan Puan sudah semakin terasah, bukan tidak mungkin hasilnya bisa dijual dan menghasilkan uang tentunya. Encik dan Puan bisa menerima jasa katering masakan harian karena kondisi saat ini yang membuat orang enggan untuk keluar rumah.

Dengan adanya kebijakan isolasi mandiri dan gerakan #dirumahaja, tentunya Encik dan Puan bisa menjual secara Online dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial yang dimiliki.

Menulis

Tentunya saat ini, keseharian kita tidak lepas dari media sosial untuk tetap berinteraksi dengan orang lain saat berjauhan. Kita sudah terbiasa menulis status atau caption untuk sekedar menuangkan isi pikiran kita.

Nah, tidak ada salahnya kan kita mengembangkan kemampuan tersebut menjadi sesuatu hal yang menghasilkan, selain mudah dan sederhana, tentunya menulis bisa dilakukan dirumah untuk mengisi waktu luang Encik dan Puan.

Encik dan Puan bisa mulai dengan menjadi seorang Blogger. Jika sudah memiliki Blog sebelumnya dan sempat vakum karena beberapa kesibukan, sekaranglah saatnya untuk kembali aktif mengisi Blog Encik dan Puan dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Selain itu, jika Encik dan Puan memiliki kemampuan menulis yang baik, Encik dan Puan bisa menjadi penulis lepas karena saat ini sudah cukup banyak website – website yang menerima artikel dari para penulis lepas.

Bayaran yang Encik dan Puan terima juga cukup bervariasi tergantung websitenya dan juga jumlah pembaca artikle di website tersebut.

Make-Up (Merias Wajah)

Jika dahulunya merias wajah lazimnya dilakukan oleh kaum wanita, namun saat ini telah banyak bermunculan para pria yang berprofesi sebagai perias wajah.

Jika Puan atau Encik memiliki passion dibidang ini, tepat sekali jika saat ini memperdalam skill tersebut.

Encik dan Puan bisa mulai membuat video-video tutorial tentang jenis-jenis make-up atau membuat video trik-trik dalam bermake-up atau istilahnya saat ini yaitu Beauty Vlogger. Setelah itu upload video tersebut di akun media sosial salah satunya youtube.

Untuk berhasil di bidang ini, Encik dan Puan juga harus selalu fokus dan tekun, membuat video yang menarik, memiliki ciri khas tersendiri, unik dan tidak meniru orang lain, tidak menutup kemungkinan Encik dan Puan mendapatkan banyak subscribers dan akhirnya mendapat penghasilan dari Youtube.

Selain itu, jika Encik dan Puan atif di media sosial dan memiliki banyak followers, tidak menutup kemungkinan ada agensi yang tertarik menjadikan Encik dan Puan sebagai model atau ada brand yang akhirnya berminat meng-endorse encik dan Puan. Tentu saja bayarannya lumayan, lho.

Tidak hanya itu saja, semakin sering encik dan Puan mengasah skill merias wajah, maka Encik dan Puan bisa menjadi MUA, lho. Profesi yang satu ini memang terbilang cukup menjanjikan saat ini.

Encik dan Puan bisa memulai dengan membuka jasa make-up untuk event wisuda, lamaran, akad nikah hingga resepsi pernikahan. Dan lagi, jika sudah semakin jago Encik dan Puan juga bisa menghasilkan uang dengan membuka kelas make-up.

Tentunya hal tersebut tidak bisa didapat dengan instan, teruslah asah bakat dan perdalam ilmu make-up, berhubung saat ini dianjurkan untuk #dirumahaja, maka encik dan puan bisa belajar melalui youtube atau blog ya.

Desain Grafis

Jika Encik dan Puan memiliki kemampuan menggambar atau mendesain menggunakan komputer, maka hal ini bisa menjadi salah satu peluang yang menjanjikan.

Saat ini, dalam menyampaikan informasi, media membutuhkan gambar grafis agar para pembaca tertarik untuk mengklik info tersebut.

Sambil melatih skill encik dan Puan, rajin-rajinlah membagikan hasil karya tersebut ke akun media sosial atau forum diskusi. hal ini juga bisa menjadi cara untuk menarik klien agar mau menggunakan jasa Encik dan Puan.

Jika dilakukan dengan serius, encik dan Puan bisa menghasilkan banyak uang dari bisnis jasa online ini seperti membuat desain logo, desain web dan lain-lain.

Dengan banyaknya waktu yang dimiliki karena #dirumahaja, tentunya mempermudah encik dan Puan memperdalam ilmu desain grafis ini.

Berkebun

Hal produktif lainnya yang bisa dilakukan saar #dirumahaja adalah berkebun. Encik dan Puan banyak mendapatkan manfaat jika melakukan kegiatan ini.

Salah satunya adalah membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga tanpa harus keluar. Hal ini juga dapat menghemat pengeluaran. Encik dan Puan bisa menanam tanaman yang bisa cepat dipanen seperti aneka sayuran misalnya, kangkung, bayam, selada dan lain-lain.

Selain itu, Encik dan Puan juga telah memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah menjadi lahan yang produktif. Jika Encik dan Puan tidak memiliki lahan pekarangan yang kosong, Encik dan Puan bisa memanam di Polybag, pot atau dengan sistem hidroponik.

Selanjutnya, berkebun juga membuat kita banyak bergerak dan bisa sebagai pengganti berolahraga. Jadi meskipun #dirumahaja, tapi tetap bisa sehat dan bugar.

Yang terakhir, jika hasilnya banyak, Encik dan Puan bisa menjual hasil kebun tersebut tentunya secara online dengan memanfaatkan media sosial dan gunakan jasa kurir atau ojek online untuk mengantar produk jualan Encik dan Puan.

Itulah tadi beberapa hal produktif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang saat isolasi mandiri dalam masa pandemi corona. Jadi, meskipun #dirumahja, tapi tetap banyak hal produktif yang bisa dilakukan dan tentunya tetap menghasilkan uang.