Sambungan Gratis PDAM Tirta Siak, Ini Syaratnya

0
915
Sambungan Gratis PDAM Tirta Siak

PDAM Tirta Siak mengadakan sosialisasi penambahan sambungan rumah (SR) gratis bagi pelanggan baru yang digelar Jumat (12/1/2024) lalu.

Bagian Dari Inpres Tahap II

Direktur PDAM Tirta Siak, Agung Anugrah memaparkan bahwa program ini merupakan program dari pemerintah pusat dan Instruksi Presiden (Inpres) tahap II. Yang mana program air minum ini merupakan bagian dari jaringan perpipaan di Kota Pekanbaru.

Lebih jauh Agung menuturkan, karena penggunaan air tanah berlebihan menyebabkan penurunan permukaan tanah (land subsidance) terutama di pantai utara pulau Jawa. Oleh karenanya sejak tahun 2019-2024, pemerintah menargetkan pencapaian air perpipaan sebanyak 10 juta sambungan baru.

Diketahui hingga Oktober 2023 lalu, sambungan air perpipaan baru mencapai 3,8 juta sambungan baru. Sehingga masih tersisa gap sekitar 6,2 juta sambungan lagi.

“Untuk mengisi gap sebanyak itu, dibuatlah program Sambungan Baru Gratis untuk Masyarakat,” jelas Agung.

Wilayah Yang Dapat Sambungan Gratis

Adapun khusus di Kota Pekanbaru sendiri, ada 22 Kelurahan yang berhak mendapatkan Program Inpres PDAM terkait Air Minum Jaringan Perpipaan ini.

22 Kelurahan tersebut di antaranya sebagai berikut:

  1. Air Hitam
  2. Sukaramai
  3. Simpang Empat
  4. Jadirejo
  5. Bandar Raya
  6. Rintis
  7. Padang Terubuk
  8. Kampung Dalam
  9. Tanjung Rhu
  10. Sekip
  11. Sumahilang
  12. Labuh Baru Timur
  13. Kota Tinggi
  14. Sukajadi
  15. Tampan
  16. Tanah Datar
  17. Sago
  18. Tirta Siak
  19. Kampung Baru
  20. Labuh Baru Barat
  21. Tangkerang Barat
  22. Sidomulyo Barat
Demi Lingkungan

Agung mengatakan bahwa program ini adalah untuk menjaga lingkungan. Dimana saat ini banyak sekali orang yang sudah menggunakan sumur bor sendiri.

“Kita jangan menunggu alam rusak dulu. Karena biaya recovery alam jauh lebih banyak daripada biaya membangun infrastruktur air yang baik yang jauh lebih murah,” terangnya.

Seperti yang diketahui, air minum yang tidak sehat berpengaruh besar kepada bayi dan ibu hamil. Dari 100% kemungkinan ada 27,7 % bayi stunting disebabkan air minum yang tidak sehat.

Persyaratan Sambungan Gratis

Nah bagi Encik dan Puan berada di 22 kelurahan di atas dan ingin mendapatkan Program Sambungan Baru gratis dari PDAM Tirta Siak, ada persyaratan yang harus dipenuhi.

Syaratnya sendiri hanya perlu membawa fotocopy KTP dan membayar biaya administrasi sebesar Rp100.000 saja. Sebagai informasi program sambungan baru ini mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp1.295.000.

“Dengan kata lain, pemasangannya gratis,” ujar Agung.

Pendaftatan dibuka dengan batas akhir pada tanggal 18 Januari 2024. Setelah 18 Januari dilakukan tahap veririkasi dan pengadaan. Kemudian pada Maret 2024 nanti akan dilakukan proses pemasangan.

Penting untuk diketahui, pembayaran administrasi dilakukan H-7 sebelum pemasangan. Pembayaran hanya dilakukan melalui transfer ke rekening resmi Perumdam Tirta Siak. Tidak secara cash, guna menghindari penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab.