Aksi Cabut Paku Pekanbaru, Demi Pemilu Ramah Lingkungan

0
600
Aksi Cabut Paku Pekanbaru

Dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon, aktivitas lingkungan di Pekanbaru melakukan aksi cabut paku di pohon. Adapun aksi cabut paku tersebut diselenggarakan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Minggu (14/1/2024).

Diikuti 16 Komunitas & Lembaga Pecinta Lingkungan

Aksi ini sendiri diikuti oleh lebih kurang 16 komunitas atau lembaga pecinta lingkungan. Sebagai bentuk kepedulian anak muda dalam menjaga lingkungan.

Dalam aksi ini dilakukan dengan mencabut paku maupun alat peraga kampanye (APK) di pohon sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Koordinator Aksi Peduli Lingkungan Fachrum Adam menerangkan pemilihan lokasi Jalan Jenderal Sudirman sebagai lokasi penyelenggaraan aksi. Hal tersebut disebabkan jalan tersebut merupakan jalan protokoler atau jalan utama di Kota Pekanbaru.

“Sebagai anak muda, kita tidak hanya mengkritik. Tapi juga bisa menjaga lingkungan,” tuturnya.

Ajak Semua Pihak

Untuk aksi yang pertama ini pihaknya akan mencabut APK di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Karena keterbatasan, pihaknya tidak bisa mencabut semua paku pada APK tersebut. Oleh sebab itu ia mengajak masyarakat terutama Bawaslu dan Satpol PP untuk turut melakukan aksi tersebut.

“Ayolah kita jadikan politik ini yang aman juga untuk lingkungan,” ucapnya.

Fachrum menuturkan, sebelum memulai aksi cabut paku di pohon itu, pihaknya telah mengirimkan surat pemberitahuan ke Satpol PP dan Bawaslu bahwa akan mengadakan aksi.

“Aksi ini juga melibatkan 16 lembaga, mulai dari LSM, mahasiswa, pecinta lingkungan, pecinta alam dan masyarakat desa ada juga yang hadir,” ungkapnya.

Pesan Untuk Tim Sukses

Koordinator Aksi Peduli Lingkungan tersebut berpesan kepada para tim sukses calon legislatif (caleg) berhubung masa kampanye. Sehubungan dengan adanya aksi cabut paku di pohon ini, pihaknya berharap agar APK yang dipasang di pohon untuk dapat memindahkan ke tempat yang ramah lingkungan.

Fachrum mengungkapkan bahwa APK yang sudah dicabut dari pohon akan diserahkan ke Bawaslu. Sehingga bagi tim sukses caleg yang masih membutuhkan APK tersebut, dapat mengambilnya ke Bawaslu.

“Harapannya aksi ini akan ada lanjutan dari pihak lain atau pihak yang berwenang untuk menertibkannya,” tutupnya.