Pintu Tol Pekanbaru-Pangkalan Direncanakan dekat Candi Muara Takus

147
Pintu Tol Pekanbaru-Pangkalan

Pintu Tol Pekanbaru-Pangkalan direncanakan akan berdekatan dengan Candi Muara Takus. Keputusan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini bertujuan untuk mendukung akses jalan menuju tempat wisata tersebut.

Jalan Tol Ditambah Sepanjang 7 KM

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto mengatakan, untuk mendekatkan pintu Tol Pekanbaru-Pangkalan dan Candi Muara Takus dilakukan dengan cara menambah panjang jalan tol sepanjang 7 km.

Pihaknya bersyukur, ternyata kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Riau pekan lalu membawa banyak kabar baik bagi Provinsi Riau. Yang mana salah satunya adalah penambahan panjang jalan tol Pekanbaru-Pangkalan 7 Km mendekati tempat wisata Candi Muara Takus.

Akses Keluar Pintu Tol ke Candi Muara Takus

Terkait jalan akses keluar pintu tol ke Candi Muara Takus tersebut, SF Hariyanto juga menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau lah yang akan membangunnya.

Ia mengaku, hal ini tentu saja juga bertujuan agar mendukung akses jalan ke lokasi wisata tersebut. Adapun Pemprov Riau sendiri akan menganggarkan pembangunan akses jalan keluar dari pintu tol Pekanbaru-Pangkalan tersebut melalui APBD.

“Sehingga masyarakat akan semakin mudah untuk menuju lokasi wisata sekaligus cagar budaya Candi Muara Takus,” ungkap SF Hariyanto, Senin (9/1/2023).

Minta Candi Muara Takus Ditata

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa pihaknya juga meminta kepada Menteri PUPR untuk menata kawasan cagar budaya Candi Muara Takus.

Sebagaimana diketahui, Candi Muara Takus merupakan salah satu cagar budaya yang lebih tua dari Candi Borobudur. Oleh karenanya, pihaknya juga mengharapkan perhatian dari pemerintah pusat untuk penataan kawasannya.

SF Hariyanto juga mensyukuri Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimoeljono bersama Kepala Balai juga sudah diminta untuk mengecek semua serta telah menyetujui penataan wilayah cagar budaya tersebut.

“Pak Menteri juga sudah keliling ke situ. Artinya adalah perhatian pusat untuk penataan kawasan Candi Muara Takus,” pungkasnya.

Update Jalan Tol Pekanbaru-Pangkalan

Untuk diketahui, progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Padang pada Seksi Bangkinang-Pangkalan saat ini sudah mencapai 70 persen lebih. Seksi jalan tol ini direncanakan selesai pada tahun 2023, sehingga pada tahun 2024 mendatang sudah bisa difungsionalkan.