Presiden Jokowi Kunjungi Riau, Berikut Fakta-faktanya

0
392
Presiden Jokowi Kunjungi Riau

Presiden RI Jokowi kunjungi Provinsi Riau selama dua hari, yakni tiba di Pekanbaru sejak Rabu (4/1/23) lalu bertolak kembali ke Jakarta pada Kamis (5/1/23).

Dalam kunjungan tersebut, ia didampingi oleh 3 menteri. Yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Selanjutnya Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahju Hidajat Soedjatmiko. Lalu Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Untuk diketahui, kunjungan kerja Jokowi ke Riau ini merupakan kunjungan perdana ke daerah untuk tahun 2023 ini.

Beberapa Fakta Menarik

Ada beberapa fakta-fakta menarik terkait agenda kunjungan Jokowi ke Riau, yaitu:

1. Sidak ke RSUD Arifin Achmad

Setelah sampai di Kota Pekanbaru Riau, Presiden Jokowi langsung menuju ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad untuk melihat sejumlah fasilitas yang ada ada di sana. Kedatangan Presiden ke RSUD Arifin Achmad sontak membuat pengunjung dan pegawai rumah sakit kaget, sebab tidak ada dalam agendanya Presiden akan berkunjung.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

2. Meninjau Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru

Usai melakukan sidak di RSUD Arifin Achmad, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke Pasar Wisata Pasar Bawah Kota Pekanbaru. Kunjungannya ke Pasar Bawah untuk meninjau aktivitas perdagangan di sana, sekaligus menyapa masyarakat yang ada di lokasi tersebut.

3. Meresmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Setelah sempat beroperasi sejak beberapa waktu lalu, akhirnya pada Rabu (4/1/23) kemarin seksi Tol Pekanbaru-Bangkinang diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 40 Km merupakan bagian dari koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera. Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang juga merupakan bagian ruas Tol Pekanbaru – Padang yang membentang sepanjang 254 km.

4. Berkunjung ke salah satu Mall di Pekanbaru

Sembari menghabiskan malam di Kota Pekanbaru, dalam agenda kunjungi Riau, Presiden Jokowi juga berkunjung ke salah satu mall di Pekanbaru.

Presiden Jokowi tidak hanya memantau kondisi Mal tersebut, namun juga terlihat berbelanja produk dalam negeri yaitu jaket hammer warna merah maron.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga membelikan jaket untuk para menterinya tersebut. Mereka lantas memakai jaket pemberian Presiden Jokowi tersebut.

5. Meresmikan SPAM Durolis

Usai melakukan kunjungan kerja di Pekanbaru dan Kampar, kunjungan kerja Jokowi ke Riau dilanjutkan ke Kabupaten Rokan Hilir untuk meresmikan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Durolis (Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis) pada Kamis, 5 Januari 2023.

Suplai dari SPAM SPAM Durolis ini yang akan bisa menyediakan air minum dengan kualitas yang baik bagi 32 ribu rumah tangga di Dumai, di Rokan Hilir, dan di Bengkalis. SPAM Durolis ini dibangun di atas lahan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dengan nilai investasi mencapai Rp396,6 miliar.

SPAM yang dibangun pada tahun 2017 ini bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat sebanyak 160 ribu jiwa di tiga kabupaten/kota di Provinsi Riau.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

6. Tinjau Aktivitas Pasar Bunda Sri Mersing di Dumai

Usai meresmikan SPAM Durolis, rangkaian kegiatan kunjungan kerja Jokowi ke Riau dilanjutkan ke Pasar Bunda Sri Mersing Kota Dumai.

Presiden Joko Widodo meninjau aktivitas perekonomian di Pasar Bunda Sri Mersing, Kota Dumai, pada Kamis (5/1/2023). Tiba sekitar pukul 14.00 WIB, Presiden langsung menyapa sekaligus menyerahkan bantuan sosial kepada para pedagang pasar dan pedagang kaki lima (PKL).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.