Desa Wisata Terbaik Riau Yang Dapat Dikunjungi Saat Nataru

336
Desa Wisata Terbaik Riau

Jelang libur natal dan tahun baru Dinas Pariwisata Provinsi Riau mengumumkan 15 desa wisata terbaik yang ada di Provinsi Riau.

Pengumuman ini dilakukan setelah melalui penilaian oleh dewan juri yang berkompeten, Sabtu (24/12/2022) di Desa Wisata Bangko Mukti, Bangko Pusako, Rokan Hilir.

102 Desa Wisata Berpartisipasi

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat mengatakan, penilaian desa wisata ini telah dilakukan sejak bulan Agustus hingga Desember. Ada 133 desa di Provinsi Riau, namun hanya 102 desa wisata yang ikut mendaftar.

Diungkapkan Roni, hal ini merupakan bentuk apresiasi Gubernur Riau dalam memberikan pembinaan kepada pengelola desa wisata.

“Ada 15 desa wisata yang lolos kurasi. Dilaksanakannya kegiatan Apresiasi Desa Wisata Riau Tahun 2022 bertujuan untuk memberikan apresiasi dan pembinaan kepada pengelola Desa Wisata di Provinsi Riau,” pungkas Roni, Jumat (23/12/2022).

Selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan serta mengidentifikasi potensi desa wisata yang bangkit dan unggul. Terutama sebagai komoditas atraksi dari produksi unggulan pariwisata di Riau.

“Penilaian dilakukan secara dua tahap seleksi, hingga terjaring 15 besar desa wisata. Kami berharap 15 desa wisata ini dapat bersaing di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Nasional tahun 2023,” pungkasnya.

15 Desa Wisata Terbaik di Provinsi Riau:
  1. Juara 1, Bukit Batu Bengkalis
  2. Juara 2, Bangko Mukti Rokan Hilir
  3. Juara 3, Bokor Kepulauan Meranti
  4. Ungulan 1 Kategori Digital Kreatif, Rantau Langsat Inhu
  5. Kategori digital kreatif, Aliantan Rohul
  6. Unggulan 1 kategori souvenir kreatif Langgam Pelalawan
  7. Unggulan 2 Kategori Sovenir Kreatif, Mundam Dumai
  8. Desa wisata unggulan 1 kategori kelembagaan, Mempura Siak
  9. Desa wisata unggulan 2 kategori kelembagaan Buluh Cina Kampar
  10. Unggulan 1 kategori daya tarik, Bono Pelalawan
  11. Unggulan 2 kategori daya tarik, Teluk Dalam Inhil
  12. Desa wisata unggulan 1 kategori toilet, Kampung Bandar Pekanbaru
  13. Desa wisata unggulan 2 kategori toilet, Sungai Kelelawar Kuansing
  14. Unggulan 1 kategori homestay Tanjung Belit Kampar
  15. Uunggulan 2 kategori homestay Tanjung Punak Bengkalis
Hadiah

Untuk mengapresiasi, pihaknya memberikan hadiah sebesar Rp20 juta untuk juara 1, Rp15 juta untuk juara 2, serta Rp10 juta untuk juara 3. Adapun untuk kategori desa wisata unggulan 1 mendapatkan Rp 5 juta dan unggulan 2 mendapatkan Rp4 juta.

Juri

Dalam penilaian ini ada lima dewan juri yang berpartisipasi serta mengkurasi yaitu Ketua Dewan Juri, Eni Sumiarsih dari Sekolah Tinggi Pariwisata Riau, Master Asesor, Osvian Putra. Ada pula praktisi di bidang kuliner, Alfa Frisa, Praktisi di bidang digital, Faqih dan juri kehormatan Kadispar Riau, Roni Rakhmat.

Ketegori Penilaian

Penilaian dilakukan dengan melihat 7 kategori, di antaranya kategori homestay, daya tarik pengunjung, digital kreatif, souvenir, toilet umum, kelembagaan desa dan kategori Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, Lingkungan (CHSE).

Gubernur Riau, Syamsuar juga memberikan apresiasinya kepada 15 desa wisata yang terpilih menjadi desa wisata terbaik. Syamsuar berharap kegiatan ini dapat memotivasi pengelolah-pengelolah desa wisata lainnya.

“Tahniah kepada desa wisata yang telah lolos kurasi. Semoga bisa memotivasi desa di Riau lainnya,” ucapnya.