Perbaikan Jalan Pekanbaru Akan Diambil Alih Pemprov Riau

0
242
Perbaikan Jalan Pekanbaru

Perbaikan sejumlah jalan yang mengalami kerusakan di Kota Pekanbaru akan segera diambil alih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas PUPR Provinsi Riau.

Demikian yang disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Riau (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto, Selasa (24/10/2023).

Jalan Yang Diambil Alih

Dikatakannya bahwa ada sejumlah ruas jalan yang diambil alih Pemprov Riau, di antaranya adalah Jalan Imam Bonjol, Jalan Juanda, dan Jalan M. Yamin.

Lebih lanjut Hariyanto menugaskan Dinas PUPR Provinsi Riau untuk mengurus kewenangan ruas jalan yang ada di Kota Pekanbaru. Hal tersebut karena ia melihat jalan tersebut kondisinya berlobang-lobang, sehingga dirasa perlu untuk memasukkan kewenangannya di Provinsi.

“Kita ingin mengurus ruas jalan di Kota Pekanbaru, akan tetapi tidak bisa kita kerjakan karena tidak masuk dalam kewenangan kita. Sekarang kita masukkan, biar dapat perbaikan jalan di Pekanbaru bisa kita kerjakan,” ucapnya saat rapat bersama Dinas PUPR di Kantor Gubernur Riau.

Buat Surat Izin

Adapun ia menjelaskan bahwa pihaknya akan membuat surat guna meminta izin tersebut, agar kewenangannya ada pada Pemprov Riau. Pihaknya ingin pembangunannya dikerjakan dengan berani, bekerja keras, bergerak cepat, serta bertindak tepat.

“Itu motonya,” imbuhnya.

Awasi Galian PDAM

Selain itu, terkait sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru yang sedang dalam proses pengerjaan galian perpipaan (Perusahaan Daerah Air Minum) PDAM juga disinggung dalam rapat tersebut.

Sekdaprov Riau ini juga meminta Pihak Dinas PUPR Riau agar aktif melakukan pengecekan ke lokasi-lokasi galian tersebut. Yang mana bertujuan untuk memastikan tanggung jawab dari pihak PDAM dalam mengembalikan kondisi jalan untuk kembali seperti semula.

Proses Alih Kewenangan

Sementara itu, sejumlah ruas jalan yang saat ini sedang diurus kewenangannya ke provinsi. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR-PKK Provinsi Riau, Zulfahmi.

Ia mengatakan, jalan tersebut adalah Jalan Parit Indah dan Jalan Jenderal Sudirman. Dimana Jalan parit indah tersebut dimulai dari simpang Jalan Jenderal Sudirman hingga ke Lintas Timur.

“Lalu untuk Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari VIP Lancang Kuning sampai ke Siak IV,” tutup Zulfahmi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.