Pekanbaru Masuki Musim Hujan: Waspada Banjir

0
202
Pekanbaru Masuki Musim Hujan

Saat ini Kota Pekanbaru sudah mulai masuki musim hujan, sehingga kualitas udara semakin membaik dan sudah berada pada level bagus.

Kondisi musim hujan di Pekanbaru tersebut sejalan dengan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru juga sudah memastikan bahwa hujan yang melanda Kota Pekanbaru telah terjadi sejak beberapa hari yang lalu.

Antisipasi Hujan

Karena saat ini Kota Pekanbaru sudah masuki musim hujan, maka BPBD Pekanbaru mulai melakukan pantauan wilayah yang rawan banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra menjelaskan bahwa ketika musim hujan di Pekanbaru, memang ada sebagian wilayah yang rawan terjadinya banjir.

Tidak hanya banjir, bahkan ia menyebutkan ada pula beberapa daerah rawan longsor yang mengancam permukiman warga.

Sehingga, masyarakat yang berada di wilayah rawan longsor diminta untuk tetap waspada terjadinya angin kencang maupun angin puting beliung.

“Masyarakat diminta untuk tetap waspada,” sebutnya, Senin (23/10/2023).

Waspada Pohon Tumbang

Walaupun curah hujan hingga saat ini masih fluktuatif, potensi angin kencang telah terlihat sejak akhir pekan lalu. Yang mana ada dua pohon tumbang yang diakibatkan oleh hujan deras dan angin kencang di Jalan Jenderal Sudirman.

Satu pohon tumbang di depan Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru, sementara pohon lainnya tumbang di dekat Pasar Buah Pekanbaru.

Terkait pohon tumbang tersebut, BPBD Kota Pekanbaru telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) guna memotong cabang atau ranting pohon-pohon tua. Hal ini menjadikan pohon tersebut lebih aman terhadap angin kencang.

Selain itu pihaknya juga mengimbau penduduk yang berada di daerah rawan banjir agar tetap siap serta mengamankan barang berharganya agar tidak terdampak banjir.

Karhutla di Pekanbaru

Selanjutnya, Kepala BPBD Pekanbaru tersebut menyebutkan jika saat ini kasus kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru tergolong terkendali.

Pihaknya juga melibatkan camat dan berkoordinasi dengan camat setempat untuk mendeteksi dini kebakaran lahan.

Untuk diketahui bahwa saat ini Kota Pekanbaru sudah tidak ada lagi titik api, alias titik api nol di Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.