Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru Akan Diperlebar

0
608
Jalan Jendral Sudirman

Pelebaran ruas Jalan Jenderal Sudirman di Kota Pekanbaru akan dilakukan. Oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Riau bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Adapun pelebaran Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru ini dilakukan demi mengurangi kemacetan di ibukota Provinsi Riau tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyetujui usulan terkait pelebaran Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Hal tersebut dikarenakan ruas jalan yang akan dilebarkan ini merupakan jalan nasional. Untuk Pelebaran jalan ini sendiri rencananya akan mulai dikerjakan pada tahun 2023 dan menggunakan anggaran dari negara atau APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Titik Pelebaran Jalan

Pada tahap awal, BPJN Riau telah mengusulkan untuk melebarkan dua titik pemutaran jalan yang berada di Jalan Jendral Sudirman Kota Pekanbaru. Demikian yang diungkapkan oleh Kepala BPJN Riau, T Yuliansyah.

Yang mana, ungkapnya, hal tersebut telah sesuai dengan ROW (Right of Way). Pihaknya sendiri telah mengusulkan spot pertama di depan MTQ dan spot kedua berada di depan Mitsubishi Sudirman.

Kemudian, T Yuliansyah juga menjelaskan bahwa sudah ada rencana terkait penanganan ruas Jalan Jenderal Sudirman sepanjang 7,69 kilometer. Yang mana hal tersebut sudah termasuk dengan peninggian badan jalan, perbaikan drainase.

“Serta ada penggantian box culvert (gorong-gorong),” ungkap T Yuliansyah, Selasa (31/1/2023).

Sering Terjadi Kemacetan

Di lain pihak, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto juga mengungkapkan alasan dipilihnya perbaikan pada Jalan Jenderal Sudirman yakni dikarenakan seringnya terjadi kemacetan sehingga membuat banyak keluhan dari masyarakat yang masuk.

“Kita lihat saja Jalan Sudirman itu macetnya bagaimana, luar biasa,” ujar SF Hariyanto.

Ia juga mengatakan, bahwa Jalan Sudirman ini merupakan ruas jalan utama yang berada di pusat Pekanbaru menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Maka dari itu, jika terjadi kemacetan di Jalan Sudirman ini dapat mengakibatkan terhambatnya perjalanan masyarakat saat menuju bandara. Sebagaimana kita ketahui bersama, kemacetan yang sering terjadi khususnya pada waktu pagi dan sore hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.