Musim Hujan di Riau Diprediksi Hingga Desember 2023

0
687
Musim Hujan di Riau

Musim hujan di Riau diprediksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Pekanbaru akan berlangsung hingga Desember 2023 mendatang.

Hal ini karena dalam beberapa hari terakhir, terjadi curah hujan yang cukup tinggi di beberapa wilayah Riau, terutama di Pekanbaru.

Hujan ini disertai dengan angin kencang dan petir. Hujan terutama terjadi di malam hari dan pagi menjelang siang. Yang mana mengakibatkan beberapa ruas jalan di Kota Pekanbaru dan daerah lainnya direndam banjir.

Puncak Hujan di Desember

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Syarif Kasim II-Pekanbaru, Ramlan menjelaskan bahwa seluruh Riau sudah memasuki musim hujan. Sementara itu untuk puncak musim hujan di Riau sendiri diperkirakan terjadi pada bulan Desember 2023.

Karena itu, BMKG Pekanbaru telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap hujan lebat dan angin kencang. Sebab potensi dampak dari hujan lebat meliputi genangan banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

BMKG juga memberikan peringatan dini terkait kondisi cuaca di sebagian wilayah Provinsi Riau, sehingga diharapkan masyarakat lebih waspada.

“BMKG memprediksi adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa kabupaten dan kota di Riau,” ujarnya, Kamis (9/11/2023).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.