Tol Permai Diperbaiki Jelang Nataru 2023

0
832
Tol Permai Diperbaiki

PT Hutama Karya (HK) kembali melakukan pemeliharaan rutin di sejumlah titik jalan tol, termasuk Tol Pekanbaru – Dumai (Permai) akan diperbaiki.

Rampung Akhir November

Adapun pemeliharaan rutin ini dilakukan menjelang liburan natal dan tahun baru (Nataru). Yang mana bertujuan untuk kelancaran lalu lintas kendaraan saat momen Nataru.

Penanggung jawab operasional, PT HK menargetkan bahwa pemeliharaan jalan bebas hambatan tersebut akan selesai pada akhir November 2023 mendatang.

Dengan target diperbaiki Tol Permai ini rampung pada November, diharapkan pengguna jalan tol dapat melintas dengan nyaman dan aman. Demikian yang dituturkan oleh Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, Sabtu (11/11/2023).

Titik Pemeliharaan

Untuk titik pemeliharaan jalan tol Permai ini berada di KM 01+950 hingga 06+850, KM 25+100 hingga KM 27+600, KM 61+600 hingga KM 63+600, KM 68+700 hingga KM 76+800, KM 80+00 hingga KM 83+650 dan KM 88+200 hingga 102+600.

“Diketahui bahwa progres pekerjaan pemeliharaan di Tol Permai sendiri telah mencapai 83 persen,” ungkap Koentjoro.

Selain itu, PT HK juga melakukan pemeliharaan di sejumlah titik jalan tol lainnya di Indonesia. Seperti di Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka).

Metode Pemeliharaan

Terkait metode pemeliharaan, Koentjoro menjelaskan bahwa metode pemeliharaan dilakukan dengan cara pengelupasan ulang (SFO).

Cara ini dipilih pihaknya karena keunggulannya yang dapat meningkatkan daya tahan struktural jalan tol. Juga mampu mengurangi risiko kerusakan akibat beban berat dan cuaca ekstrem.

“Jalan tol yang diperbarui dengan metode ini ditargetkan dapat meningkatkan ketahanan terhadap retakan dan deformasi,” terangnya.

Untuk mengurangi biaya perawatan maupun perbaikan jangka panjang jalan tol, pihaknya memilih metode beton rigid. Hal tersebut karena keunggulannya yang tahan terhadap perubahan suhu serta musim, memberikan permukaan jalan yang lebih halus dan stabil.

“Sehingga membuat umur jalan tol lebih panjang,” tutupnya.

Perhatikan Rambu

Selama masa pemeliharaan, PT HK mengimbau pengguna jalan tol untuk dapat memperhatikan rambu-rambu peringatan yang dipasang berjarak 1,1 kilometer sebelum titik pemeliharaan.

Kemudian berhati-hati saat melintas, terlebih lagi saat ini Kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) telah dipasang dan diimplementasikan di Tol Permai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.