Mengenal Gangguan Tidur, Jenis dan Cara Mengatasinya

280
Mengenal Gangguan Tidur

Pernahkah Ncik dan Puan merasakan kesulitan tidur di malam hari? Melalui tulisan ini yuk kita mengenal gangguan tidur, jenis, dan cara mengatasinya.

Ciri-ciri Gangguan Tidur

Salah satu ciri-ciri gangguan tidur diantaranya kerap mengantuk di siang hari, susah bangun pagi, kurang tidur, hingga badan tidak fit. Beberapa kondisi tersebut dapat disebabkan gangguan pola tidur atau gangguan tidur ritme sirkadian.

Jenis Gangguan Tidur

Berikut ini adalah ulasan untuk mengenal lebih lanjut 5 jenis gangguan tidur dan cara mengatasinya.

  1. Jadwal tidur terlambat
    Gangguan pola tidur ini terjadi ketika seseorang jadwal tidurnya molor lebih dari dua jam dari waktu tidur biasanya selama tiga bulan berturut-turut. Kebiasaan begadang atau bergesernya jadwal tidur ini rentan membuat waktu tidur jadi berkurang. Kondisi ini bisa berdampak negative bagi orang yang keesokan harinya memiliki aktivitas, seperti sekolah atau bekerja.
  2. Jadwal bangun lebih awal
    Penderita gangguan pola tidur ini cenderung tidur lebih awal dan bangun lebih dini dua jam sebelum jadwal tidur biasanya selama tiga bulan berturut–turut. Kondisi ini biasanya dialami kalangan lansia atau orang yang usianya mulai menginjak paruh baya.
  3. Pola tidur tidak teratur
    Pola tidur yang tidak rutin sesuai jadwal setiap hari bisa menyebabkan orang jadi susah tidur di malam hari dan mengantuk di siang hari. Kondisi ini biasanya disebabkan gangguan saraf atau penyakit neurodegeneratif; seperti penyakit Parkinson, Alzheimer, hutington, demensia, cedera kepala, atau stroke.
  4. Gangguan pola tidur non-24 jam
    Gangguan pola tidur ini dapat terjadi ketika jam biologis tubuh tidak disetel ulang setiap 24 jam. Akibatnya, jadwal tidur seseorang berubah-ubah selama lebih dari tiga bulan. Gangguan tidur ini biasanya diidap orang yang buta total. Mata buta total tidak dapat mengirimkan sinyal cahaya ke otak, sehingga pengidapnya kerap mengalami disorientasi waktu. Akibatnya, jam biologis mereka tidak dapat menggunakan jam biologis 24 jam seperti orang kebanyakan.
  5. Gangguan pola tidur karena kerja shift
    Bekerja dengan system shift juga bisa menyebabkan gangguan pola tidur, terutama bagi pekerja yang harus terjaga di malam sampai dini hari. Ketika jadwal shift berubah, pekerja rawan mengalami insomnia di malam hari, kantuk berlebihan di siang hari, dan sakit kepala ketika memasuki masa transisi dari sif siang ke malam atau sebaliknya.
Cara Mengatasi

Cara mengatasi gangguan pola tidur juga perlu disesuaikan dengan jenis gangguan dan efeknya pada aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa cara mengatasi gangguan pola tidur:

  • Perubahan gaya hidup dan perilaku
    Tingkatkan kualitas tidur dengan mempertahankan waktu tidur dan bangun yang teratur setiap hari, rajin olahraga, dan tidak minum alcohol dan asupan mengandung kafein.
  • Terapi cahaya
    Terapi cahaya ini dilakukan dengan memaparkan cahaya intensitas tinggi selama satu sampai dua jam. Orang yang susah tidur juga bisa mulai terapi cahaya mandiri di rumah dengan cara berjemur atau terpapar cahaya terang setiap pagi.
  • Terapi obat
    Di beberapa kasus, dokter terkadang juga merepkan obat untuk menjaga pola tidur agar lebih teratur. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter apabila gangguan pola tidur sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.