Agar Tubuh Tetap Fit Meski Sulit Tidur

0
163

Sulit tidur atau insomnia memang mengganggu kesehatan kita, terlebih lagi juga berdampak pada aktivitas kita keesokan harinya. Tak jarang kita didera lesu, lemas, lelah dan tidak bersemangat.

Saat ini hampir tiap orang pernah mengalami sulit tidur pada saat malam hari. Meski tampak sepele, namun insomnia ini bukanlah perkara gampang.

Jika kita merasakan gejala ini, secepatnya cari cara untuk mengatasinya karena jika dibiarkan dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Tapi tak perlu hingga mencari obat tidur, karena bisa saja masalahnya sepele.

Namun jika kita belum sampai tahap insomnia dan hanya sesekali sulit tidur, efek yang ditimbulkannya masih dapat diatasi agar tubuh serta pikiran tetap segar dan semangat.

Berikut ini ada lima strategi yang bisa kita lakukan agar kita dapat menghadapi hari dengan fit meskipun mengalami kesulitan tidur pada malam harinya:

  • Bangun Pagi Seperti Biasanya
    Usahakanlah untuk tetap bangun pagi seperti biasanya serta beraktivitaslah sesuai rutinitas. Siapkan segala keperluan seperti biasanya. Berolahraga ringan jika memungkinkan dan usahakan sarapan ringan seperti telur rebus, sandwich atau oatmeal. Meminum secangkir atau dua cangkir teh hijau dapat membantu menyegarkan tubuh dan otak. Karena kandungan L-theanine pada teh hijau dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang.
  • Nikmati Sinar Matahari
    Matahari pagi diketahui dapat meningkatkan serotonin, yakni hormon bahagia yang dapat membuat tubuh serta pikiran lebih bersemangat sekaligus mampu meningkatkan mood. Oleh karena itu begitu bangun tidur, keluarlah serta hiruplah udara pagi, nikmati sinar matahari pagi sekitar 30 menit. Tak hanya itu, sinar matahari juga membantu menstabilkan ritme sirkadian pada tubuh sehingga membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak pada malam hari berikutnya.
  • Hindari Minuman Berkafein Tinggi
    Ada baiknya menghindari konsumsi minuman berkafein tinggi, seperti kopi atau energy drink. Selain itu jauhi juga makanan atau minuman yang kandungan gulanya tinggi. Kafein dan gula memang dapat meningkatkan energi secara drastis, namun efeknya hanya sementara. karena begitu efeknya hilang, tubuh kita justru makin lemas dan lesu. Lebih baik jika mengonsumsi minuman atau makanan kaya nutrisi yang rendah gula.
  • Latihan Pernapasan
    Luangkanlah waktu beberapa menit untuk latihan pernapasan. Tarik nafas dalam-dalam, tahan selama 15 detik kemudian keluarkan secara perlahan. Lakukan hal ini berulang-ulang, serta tambah durasi tahan napasnya selama lima detik tiap kali bernapas maksimal hingga satu menit. Dengan melatih pernafasan ini dapat membuat energi tetap stabil serta bisa membantu menyegarkan pikiran dan membuat kita tetap fokus. Namun perlu untuk diingat, sebaiknya teknik ini dilakukan hanya jika Anda tidak memiliki masalah pada pernapasan.
  • Hidangan Ringan Malam Hari
    Saat malam hari, santaplah hidangan ringan saat makan malam dan bersiaplah tidur sesuai jam tidur malam Anda. Agar tidur lebih nyenyak, minumlah segelas susu hangat, nyalakan musik pengantar tidur yang menenangkan atau nyalakan aromaterapi lavender.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.