Lokasi Tol Permai Yang Sering Dilewati Gajah Penangkaran

92
Lokasi Tol Permai

Apakah Encik dan Puan tahu ada penangkaran gajah di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai)? Ternyata lokasi tol Permai yang sering dilewati gajah penangkaran berada di Km 12.

Terdapat Beberapa Lokasi

Selain berada di Km 12 ada beberapa lokasi Tol Permai yang sering dilewati oleh gajah penangkaran. Tol Permai memiliki lima terowongan gajah lainnya yang dilewati oleh Gajah Penangkaran. Yakni berada di Km 61, Km 69, Km 71, Km 73, dan Km 76.

Adanya gajah dapat diketahui dari jejak kaki maupun kotoran yang tertinggal saat gajah melewati terowongan perlintasan.

Branch Manager (BM) Tol Permai AA GD Indrayana mengatakan, gajah penangkaran mempunyai kebiasaan seperti manusia.

“Seperti bangun pada pagi hari, pulang pada sore hari, dan tidur pada malam hari,” ungkapnya, Rabu (23/11/2022).

Beda Dengan Gajah Liar

Keberadaan gajah penangkaran ini berada dalam naungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Bagi Encik dan Puan yang belum tahu, BBKSDA Riau merupakan badan yang bertanggung jawab dalam membina gajah penangkaran ini.

Untuk diketahui bersama, gajah penangkaran ini berbeda dengan gajah liar ya Encik dan Puan. Sebab gajah penangkaran akan tidur pada siang hari, sedangkan gajah liar akan menyeberangi terowongan yang ada pada Tol Permai.

Kemudian gajah penangkaran pada sore hari akan bangun tidur dan mencari makanannya. Gajah penangkaran tersebut biasanya berada di km 12, yakni jalur ambon. Meski demikian, pihaknya mengimbau para pengendara tidak berhenti untuk sekadar melihat gajah.

“Tetapi tidak berarti pengendara dengan bebas berhenti di Tol untuk melihat gajah” pesan Indrayana.

Safety Campain

Terdapat keunikan atau keistimewaan pada Tol Permai, yaitu adanya musik lagu melayu yang disetel pada Gerbang Tol (GT) Pekanbaru sebagai akses masuk tol. Yaitu musik Melayu yang dinyalakan selama 24 jam.

Diungkapkan oleh Indrayana, hal tersebut dilakukan dalam rangka safety campaign (kampanye keselamatan) yang secara terus-menerus diputar selama 24 jam. Selain itu, karena berada di tanah melayu, pihaknya tentu harus menyuarakan musik-musik daerah  melayu.

Ke Dumai Cuma 1,5 Jam