7 Fakta Tol Pekanbaru-Dumai (Permai)

1612
Fakta Tol Pekanbaru-Dumai

Berhubung karena tol Pekanbaru-Dumai baru beroperasi, berikut 7 fakta tol Pekanbaru-Dumai yang wajib Encik dan Puan ketahui sebagai warga Riau:

Diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi secara virtual

Berbeda dari peresmian tol sebelum-sebelumnya di Indonesia, karena keterbatasan waktu dan kondisi Covid-19 masih tinggi di Indonesia, akhirnya tol tersebut diresmikan langsung secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo.

Jokowi meresmikannya dari Istana Kepresidenan Bogor, yang langsung bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia melalui kanal YouTube pada hari Jumat (15/09/2020).

Acara peresmian tersebut dipusatkan di Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai. Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mewakili pemerintah hadir langsung di lokasi proyek. Sedangkan Presiden dan jajaran lainnya mengikuti dari istana.

Sementara itu dari Pemprov Riau, turut hadir Gubernur Riau Syamsuar, didampingi Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Danrem 031/Wirabima, Syech Ismed, Kapolda Riau, Agung Imam Setya Effendi, Forkopimda Provinsi Riau, tokoh agama tokoh adat dan masyarakat Riau.

Memiliki panjang 131 KM

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 Kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.

Jalan bebas hambatan yang dirancang sepanjang 131 kilometer ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sepanjang 2.765 kilometer yang dimulai pembangunannya sejak 2016 lalu.

Encik dan Puan bisa melewati tol tersebut dengan kecepatan paling tinggi 80 km/jam dan paling rendah dengan kecepatan 60 km/jam.

Memiliki lima terowongan gajah

Terowongan gajah disiapkan dengan bentang 25 hingga 45 meter dan tinggi 5,1 meter serta tanaman hijau agar menyerupai habitat asli.

Terowongan ini dibangun di Seksi IV Kandis Utara–Duri yang melintasi Kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil. Kandis Utara-Duri merupakan koridor perlintasan Gajah Sumatera dengan jumlah populasi sekitar 50 ekor.

Kemudian di seksi 2 yaitu Minas-Kandis Selatan terdapat pula Jembatan Sungai Tekuana yang kerapkali disinggahi oleh 13 gajah Sumatera, karena lokasinya yang tidak jauh dari Pusat Pelatihan Gajah Minas di Kabupaten Siak.

Terbagi dalam 6 seksi tol

  • Seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 kilometer
  • Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 kilometer
  • Seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 kilometer
  • Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 kilometer
  • Seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 kilometer
  • Seksi 6 (Duri Utara- Dumai) sepanjang 25,05 kilometer

Pangkas jarak tempuh hampir 70 KM

Tol Permai merupakan tol perdana di Provinsi Riau. Sebagai tol pertama, banyak harapan dan cita-cita masyarakat Riau yang ingin disampaikan dari pembangunan tersebut.

Mulai dari perhatian pusat ke Riau seperti pembangunan jalan, pendidikan, sarana dan prasarana penunjang ekonomi masyarakat Riau, serta harapan lainnya.

Sebelum adanya tol Pekanbaru-Dumai, jarak tempuh bisa mencapai 6-7 jam. Namun setelah adanya pembangunan tol tersebut, ini bisa ditempuh selama 2-3 jam jika sudah beroperasi penuh. Artinya tol tersebut bisa memangkas jarak hampir 70 KM.

Biaya masuk tol

Sesuai Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), tarif yang diusulkan PT Hutama Karya (Persero) selaku badan usaha jalan tol (BUJT) sebesar Rp 900 per kilometer.

Untuk tahap percobaan awal, tol ini diberlakukan secara gratis selama dua minggu dengan menggunakan kartu yang telah disediakan.

Adapun kartu e-money yang bisa digunakan adalah bank yang telah ditentukan yakni Bank BNI, Bank BRI, Bank BRK, Bank BCA dan Bank Mandiri.

Dilengkapi dengan 7 gerbang dan 5 TIP

Tol ini dilengkapi dengan tujuh Gerbang Tol dan lima pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area.

TIP terbagi menjadi dua tipe yakni Tipe A dan Tipe B. Tipe A yang terletak di KM 14,5, KM 45, dan KM 82. Tipe B yang terletak di KM 64 dan KM 13 (arah Pekanbaru).

Nah itulah tujuh fakta tol Pekanbaru-Dumai (Permai), jadi bagi Encik dan Puan yang ingin melintasi tol tersebut diharapkan untuk terus berhati-hati. Jangan sampai membahayakan keselamatan diri dan orang lain ya Encik dan Puan.