Corona Musuh Bersama, Kita Bisa Belajar dari Singapura

365
corona musuh bersama

Pandemik virus corona, menjadikan corona musuh bersama. Dalam sejarah peradaban manusia, munculnya virus-virus baru yang menjangkiti manusia yang kemudian akan merubah segala kebiasaan dan aktivitas manusia merupakan hal yang biasa. Namun, yang tentu yang tidak biasa adalah cara penanganan serta perlawanan.

Virus baru yang dinamai covid-19 ini merupakan virus yang bahkan tanda-tandanya pada penderita tidak terlihat jelas. Namun, satu yang pasti Covid-19 bisa berpindah melalui sentuhan. Bahkan Covid-19 bisa bertahan hidup pada benda mati selama sembilan jam.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Singapura merupakan negara pertama yang memiliki kasus Corona. Pemerintah Singapura cepat dalam menyadari cara penyebaran Covid-19 yang kemudian diaplikasikan dengan berbagai kebijakan. Mereka benar-benar menjadikan corona musuh bersama.

Seperti setiap orang yang keluar rumah, suhunya akan dicek dengan temperature gun. Selain itu, fasilitas umum yang sering disentuh oleh masyarakat dibersihkan secara massal dengan disenfektan. Seperti tombol lift, penggangan bis, maupun ganggang pintu gedung-gdeung yang memiliki mobilitas tinggi.

Singapura bahkan meminta bantuan tentara untuk mengemas masker yang kemudian dibagikan secara gratis ke rumah-rumah warga. Penimbunan masker juga dipustuskan sebagai tindakan illegal yang akan dikenai hukum pidana.

Pemerintah negara dan daerah manapun seharusnya cepat tanggap dalam pencegahan penyebaran virus Corona. Warga negara juga harus menyadari bahwa virus ini bisa menjangkit siapapun termasuk oknum-oknum yang terus mengambil keuntungan dari bencana global ini.