Daerah Terkaya di Riau, Peringkat Pertama Bukan Kota Pekanbaru

1026
Daerah Terkaya di Riau

Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, terdapat lima daerah terkaya di Riau yang perlu Encik dan Puan ketahui.

Mengenal Provinsi Riau

Provinsi Riau merupakan salah satu pronvinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera. Yang mana wilayah pesisirnya berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Provinsi Riau sendiri terdiri dari 12 wilayah administratif dengan 10 kabupaten dan 2 kota. Juga, Provinsi Riau seringkali disebut sebagai negeri lancang kuning.

Riau saat ini menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Sumber daya di Riau ini didominasi olek sumber alam seperti minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit, dan perkebunan serat.

Sebagai tambahan informasi Encik dan Puan, Riau merupakan daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Sumber kekayaain ini tentu saja berada di beberapa daerah di Provinsi Riau.

Dengan begitu, apakah Encik dan Puan mengetahui kabupaten/kota apa saja yang merupakan terkaya di Provinsi Riau? Jika belum, mari simak penjelasannya.

  1. Kabupaten Bengkalis

Kabupatan Bengkalis menduduki peringkat pertama sebagai daerah terkaya di Riau. Sumber kekayaan terbedar kabupaten ini ialah dari minyak buminya. Diketahui pada tahun 2021 pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita pada tahun 2021 mencapai Rp243.439.000.

  1. Kabupaten Siak

Di urutan kedua diduduki oleh Kabupaten Siak dengan pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita tahun 2021 di kabupaten ini mencapai Rp192.539.000.

  1. Kabupaten Pelalawan

Kemudian selanjutnya yang menduduki peringkat ketiga sebagai daerah terkaya di Provinsi Riau ialah Kabupaten Pelalawan. Kabupaten ini dapat memperoleh pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita hingga mencapai Rp144.312.000 pada tahun 2021.

  1. Kota Pekanbaru

Di posisi Keempat ada Kota Pekanbaru dengan pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita tahun 2021 di Kota Pekanbaru mencapai Rp127.245.000.

  1. Kabupaten Rokan Hilir

Kemudian terakhir yang menduduki posisi kelima ialah Kabupaten Rokan Hilir. Pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita di kabupaten ini mencapai Rp124.630.000 tahun 2021.

Demikianlah informasi terkait lima daerah terkaya di Provinsi Riau. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Encik dan Puan ya.

Sejarah Terbentuknya Provinsi Riau