Pekanbaru Kini Punya CCTV Pengeras Suara

382
Pekanbaru Kini Punya CCTV Pengeras Suara

Pekanbaru kini telah memiliki CCTV pengeras suara di 4 ruas jalan. CCTV dengan pengeras suara ini termasuk dalam teknologi Intelegence Transport System (ITS).

Jadi tidak hanya memantau kondisi lalu lintas secara langsung melalui kamera pengawas, melalui ITS ini petugas juga bisa memberi peringatan lewat pengeras suara di persimpangan lampu lalu lintas.

Para petugas tersebut berada di Pusat Kendali Manajemen dan Informasi Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru.

Diharapkan dengan adanya ITS ini mampu mengurangi kemacetan karena dapat mengontrol arus lalu lintas dari jarak jauh menggunakan teknologi ATCS.

Dengan kata lain, lampu lalu lintas nantinya dapat mengurai kepadatan pada sejumlah persimpangan secara otomatis.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_) on

Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Pekanbaru, Edi Sofyan mengungkapkan bahwa mayoritas pelanggar yang terpantau merupakan wanita.

Cara kerja ITS adalah seperti ini:

Petugas dari Pusat Kendali Manajemen dan Informasi Lalu Lintas di Dishub Kota Pekanbaru memantau aktivitas para pengendara lewat Intelegence Transport System (ITS) melalui dua layar ukuran besar.

Dua layar tersebut menampilkan video dari dua kamera yang memantau aktivitas pengendara yakni kamera pemantau dan detector camera.

Kamera pemantau yang berfungsi untuk memantau kondisi lalu lintas. Kamera ini sendiri memiliki frame rate sekitar 60 FPS (Frame Rate Per Second).

Sedangkan detector camera bisa memantau kepadatan arus lalu lintas dengan pandangan 360 derajat.

Kedua kamera tersebut menampilkan aktivitas terkini di sejumlah persimpangan lampu lalu lintas yang tertangkap ITS selama satu pekan.

Seluruh kamera dan announcer dari ITS tersebut tersambung melalui fiber optik ke Dishub Kota Pekanbaru.

Untuk saat ini ada delapan petugas yang mengoperasikan ITS secara bergantian mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Kedepannya, Dishub Kota Pekanbaru berencana untuk menambah petugas hingga 24 orang agar ideal mengawasi selama 24 jam.

Lokasi ITS

Keberadaan ITS di Pekanbaru sendri berada di persimpangan lampu lalu lintas Jalan Gajah Mada-Jalan Diponegoro, Jalan Gajah Mada-Jalan Jendral Sudirman, Jalan Jendral Sudirman-Jalan Tuanku Tambusai. dan Jalan Jendral Sudirman-Jalan Imam Munandar.

Saat ini baru ada empat titik, rencananya ada 12 titik persimpangan penerapan ITS. Delapan titik lagi sedang dalam persiapan.

Adapun 8 titik tersebut antara lain:

  • Persimpangan Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Arifin Achmad
  • Simpang Baterai Q Arhanud Kubang
  • Simpang Pandau Jalan Kaharuddin Nasution-Pasir Putih
  • Simpang Pasar Pagi Arengka
  • Persimpangan Jalan DI Pandjaitan-Jalan Riau
  • Simpang Parit Indah-Simpang Labersa
  • Simpang Jalan Durian-Soekarno Hatta
  • Simpang Jalan Imam Munandar-Jalan Kelapa Sawit.

12 titik ini sendiri baru beroperasi setelah pemindahan server dari Command Center Dinas Kominfo Pekanbaru ke Kompleks Perkantoran Wali Kota Pekanbaru di Tenayan Raya.

Kerennya lagi, keberadaan ITS ini juga seiring penerapan e-tilang di Kota Pekanbaru. Nantinya akan ada sejumlah kamera e tilang yang dipasang di persimpangan oleh Polda Riau.