Genangan Air di Sudirman, Bukan Pipa Perumdam Tirta Siak

0
262
Genangan Air di Sudirman

Masyarakat Pekanbaru mempertanyakan penyebab dari genangan air di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan SPBU.

Sudah hampir lebih dari seminggu, genangan air di Jalan Jenderal Sudirman terjadi. Hal ini cukup mengganggu pengendara, karena genangan air tersebut semakin lama semakin meninggi.

Dikritik Netizen

Genangan air tersebut awalnya dikira oleh masyarakat Pekanbaru dikarenakan oleh pecahnya pipa milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak. Kritikan terhadap Perumdam Tirta Siak kemudian muncul diakibatkan oleh dugaan ini, terutama pada media sosial.

Hal tersebut dapat kita lihat pada postingan kantor berita Cakaplah.com melalui akun medsos @cakaplah.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Cakaplah (@cakaplah)

Salah satu netizen dengan nama akun @susantopku pada Kamis (6/7/2023) menuliskan komentar sebagai berikut:

komentar netizen
komentar netizen
Respon Tirta Siak

Menanggapi hal ini, Perumdam Tirta Siak kemudian memberikan tanggapannya. Ditegaskan bahwa tidak ada pipa milik Perumdam Tirta Siak yang bocor pada area yang dimaksud. Yang mana hal ini langsung dikonfrmasi oleh Direktur Perumdam Tirta Siak, Agung Anugrah.

“Air yang beberapa hari menggenang pada sisi seberang kantor kita di Jalan Sudirman itu, bukan karena pipa kita yang bocor. Sudah bisa dipastikan itu,” jelasnya, Jumat (7/7/2023).

Kemudian diketahui penyebab dari genangan air tersebut. Berdasarkan informasi terakhir yang ditemukan, penyumbatan drainase pada parit merupakan penyebabnya. Yang mana tersumbatnya drainase tersebut disebabkan oleh tumpukan sampah yang dibuang secara sembarangan oleh warga.

Penanganan Oleh Tirta Siak

Untuk mengatasi permasalahan penyumbatan drainase ini, Dinas PUPR Kota Pekanbaru telah menurunkan tim untuk membersihkannya.

Perumdam Tirta Siak yang saat ini tengah melakukan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam hal ini PT. PP Tirta Madani, sedang melakukan pemasangan jaringan dengan pipa-pipa HDPE.

Yang dalam hal ini merupakan pipa dengan standar foodgrade sehingga air yang melewati pipa ini merupakan air yang layak untuk dikonsumsi masyarakat.

Tidak hanya itu saja, Perumdam Tirta Siak juga melakukan berbagai peremajaan pipa-pipa diberbagai daerah. Selain itu juga membentuk District Meter Area (DMA) di beberapa kecamatan pada Kota Pekanbaru untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan Perumdam Tirta Siak dan masyarakat Kota Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.