Bau Busuk di Pekanbaru, Tengah Diusut Dinas LHK Riau

0
258
Bau Busuk di Pekanbaru

Sejak Jumat (7/7/2023) yang lalu, warga di Kota Pekanbaru dihebohkan dengan kemunculan bau busuk dengan aroma mirip gas elpiji.  Adapun bau yang menyengat itu mendadak muncul di sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru.

DLHK Riau Selidiki Sebabnya

Terkait hal itu Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau pun langsung menerjunkan tim ke lapangan. Dengan tujuan menelisik sumber bau busuk di Pekanbaru tersebut, tim DLHK Provinsi Riau lantas menyusuri daerah sekitar.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Mamun Murod, Sabtu (8/7/2023). Ia mengatakan bahwa pihaknya telah menurunkan tim DLHK Provinsi Riau sejak Sabtu pagi.

“Sampai sekarang Tim Pengawas Lingkungan Hidup Daerah sedang bekerja untuk menyelidiki sumber dan asal bau busuk di Pekanbaru tersebut,” ujarnya.

Konfirmasi ke PGN

Sementara itu tim DLHK Provinsi Riau telah menelusuri sejumlah lokasi yang disebut mengalami kemunculan bau seperti aroma amonia tersebut.

Bahkan tim juga telah berkoordinasi dengan Perusahaan Gas Negara (PGN) di Pekanbaru, guna memastikan seluruh instalasi gas milik perusahaan BUMN tersebut. Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup dan Kehutanan DLHK Riau, Embiyarman.

Lebih jauh ia mengungkapkan, tim juga telah berkoordinasi dengan Pemko Pekanbaru. Agar mendapatkan informasi terkait adanya gangguan dugaan pencemaran udara yang diakibatkan aroma tersebut.

Masih Belum Diketahui

Adapun sampai saat ini, masih belum dapat dipastikan apa penyebab serta sumber dari munculnya aroma tersebut. Embiyarman menegaskan pihaknya juga tidak mau berspekulasi sebelum ada kepastian.

“Masih diselidiki dan kita cek lagi,” katanya.

Komentar Netizen

Masyarakat Kota Pekanbaru sebelumnya sempat heboh dengan bau busuk tersebut sejak beberapa malam terakhir. Diketahui bau busuk tersebut dicium warga di daerah Pasar Bawah, Jalan Riau, dan Jalan Hang Tuah.

Bau menyengat tersebut Kemudian juga tercium di daerah Jalan Soekarno Hatta dan sekitarnya. Selain itu juga membuat masyarakat sekitar sesak napas.

Kemunculan bau cukup menyengat tersebut kemudian dikomentari beragam oleh netizen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.