Sistem Perpipaan di Pekanbaru Untuk Kelestarian Lingkungan

31
Sistem Perpipaan di Pekanbaru

Untuk menjaga kelestarian lingkungan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mulai membenahi sistem perpipaan di Pekanbaru. Yang mana hal tersebut dituangkan melalui Surat Imbauan Wali Kota Pekanbaru dengan Nomor PU.17/Setda-eko/2122-4/2022.

Keluarkan Surat Imbauan

Dalam surat imbauan tersebut Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengimbau Kepala OPD, Kepala UPT, Kepala Unit Teknis di lingkungan Kota Pekanbaru, Pimpinan instansi Pemerintahan, Perusahaan, Dunia Usaha, BUMD, BUMN yang berada atau beroperasi di wilayah admistrasi Pekanbaru untuk dapat menggunakan air dengan sistem perpipaan dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak dan mendukung pembatasan pengunaan air tanah.

Peningkatan Layanan Air Minum

Sebagaimana diketahui, saat ini Kota Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau memiliki perkembangan sangat pesat. Baik dari segi pembangunan fisik, yang memiliki keterlibatan terhadap fungsi lahan. Maupun rata-rata pertumbuhan penduduk saat ini sebesar 3,6% per tahun.

Sadar akan hal ini, perkembangan kota juga seharusnya didukung oleh peningkatan terhadap layanan publik. Dimana salah satunya di bidang air minum.

Imbauan Muflihun juga sebagai dukungan terhadap tercapainya target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Yaitu air minum masyarakat terhadap sistem perpipaan adalah 100%.

Adapun upaya Pemko Pekanbaru dalam hal ini sudah dimulai sejak setahun lalu, dengan menyelenggarakan pembangunan proyek SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum).

Sediakan Air Minum Sehat

Ke depannya Perumdam Tirta Siak akan menyediakan air minum yang sehat sesuai standar Permenkes Nomor 492/2010. Hal ini sebagai upaya mitigasi resiko atas dampak negatif penggunaan air tanah yang terus menerus akan merusak lingkungan.

Dukungan dari banyak pihak terhadap Perumdam Tirta Siak disebutkan Direktur Perumdam Tirta Siak Agung Anugrah. Yakni sebagai komitmen dari pihaknya untuk mewujudkan ketersediaan air bersih yang memadai.

Agung mengungkapkan bahwa pihaknya sedang membangun sistem perpipaan di Pekanbaru secara perlahan. Sehingga tidak hanya menyediakan air bersih saja namun juga air yang bisa langsung diminum.

Dengan dukungan yang diberikan, masukan, dan juga doa yang diberikan dari pelanggan dan warga Pekanbaru, akan pihaknya realiasikan dengan beberapa pengerjaan merevitalisasi pipa-pipa yang sudah tidak layak serta pengembangan penampungan air.

“Saat ini kami sedang melakukan uji kelayakan untuk pembangunan SPAM Kulim dn SPAM Rumbai, cita-cita bersama yang tentu kita wujudkan bersama pula,” pungkasnya Sabtu, (5/11/2022).