Fakta Tol Bangkinang-Koto Kampar, Dibangun di Atas Lembah

0
1628
Fakta Tol Bangkinang-Koto Kampar

Jalan tol Bangkinang-Koto Kampar kini dapat dilalui sejak 24 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 nanti, berikut ini beberapa fakta terkait tol tersebut.

Sebagai informasi, jalan tol ini akan dibuka untuk umum. Walau belum rampung 100%, Gubernur Riau Edy Natar mengatakan bahwa sebagai bentuk mendukung kelancaran arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), maka jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar dibuka sementara.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

Kira-kira ada fakta menarik apa ya dari jalan tol Bangkinang-Koto Kampar ini? Yuk kita simak bersama.

1. Pembangunan

Dibangun di atas lembah sedalam 30 m, pembangunan ruas jalan tol Bangkinang – Koto Kampar ini memerlukan bangunan jembatan dengan menggunakan teknik struktur sambungan yang menggunakan pin (unibridge).

Ini juga merupakan tol pertama Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menggunakan jembatan unibridge.

2. Lama Pengerjaan

Jalan tol Bangkinang-Koto Kampar pertama kali dibangun sejak pertengahan 2019 hingga berlanjut akhir tahun 2023. Hingga bulan Desember ini pengerjaan masih diteruskan, kira-kira pengerjaannya menghabiskan waktu sekitar 4 tahunan.

3. Panjang Jalan Tol

Total panjang jalan tol Bangkinang-Koto Kampar adalah 24,7 km dengan tinggi jembatan berkisar 20-30 m dan panjang bentang 60 m.

Nantinya jalan tol ini akan dilengkapi 3 jembatan unibridge. Adapun masing-masingnya adalah Jembatan Gadang 1 dan Jembatan Gadang 2 yang berlokasi di Desa Pulo Gadang, Kecamatan XII Koto Kampar, serta Jembatan Alai 1 berlokasi di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar.

4. Waktu Tempuh

Apabila sebelumnya waktu tempuh dari Bangkinang menuju Koto Kampar memerlukan 40-60 menit kini dapat dipangkas hanya dengan 18-20 menit dengan kecepatan maksimal 80 km/jam.

5. Rute

Jalan tol yang termasuk dari bagian ruas Pekanbaru-Padang ini saat hanya melayani satu rute perjalanan saja, yakni arah Bangkinang-Koto Kampar. Selain itu, bagi pengendara yang dari Pekanbaru menuju Koto Kampar harus melewati exit tol Bangkinang terdahulu untuk putar balik.

6. Biaya

Untuk saat ini biaya tol Bangkinang-Koto Kampar gratis, sedangkan Pekanbaru-Bangkinang dikenakan biaya sebesar Rp33.500.

7. Jam Operasional

Karena saat ini dibuka untuk mendukung kelancaran lalu lintas libur Nataru, maka tol ini hanya beroperasional mulai dari jam 08.00-17.00 WIB.

8. Pemandangan Menarik

Sepanjang ruas jalan tol Bangkinang-Koto Kampar pengendara yang melintas akan disuguhkan pemandangan asri khas perbukitan Bukit Barisan. Dijamin buat mata melek!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

Nah, itu lah tadi beberapa fakta menarik seputar tol Bangkinang-Koto Kampar yang baru saja dibuka untuk umum.

Bagi Encik Puan yang ingin melakukan perjalanan melewati tol selalu cek fisik kendaraan dalam keadaan prima, jaga kondisi tubuh dan pastikan saldo e-toll mencukupi ya!