CFD di Pekanbaru Masih Ditiadakan, Dishub Lakukan Evaluasi

0
141
CFD Pekanbaru

Hingga saat ini, Car Free Day (CFD) di Kota Pekanbaru masih ditiadakan, ini dikarenakan Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru akan melakukan evaluasi.

Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) merupakan kegiatan yang dilaksanakan kota Pekanbaru di setiap weekend. Kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor, sehingga polisi udara dapat berkurang.

Evaluasi CFD Pekanbaru

Tak hanya bertujuan untuk mengurangi polusi udara, CFD juga terdapat aktivitas terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dimana saat pelaksanaan CFD, dapat menjadi lahan keuntungan bagi pelaku UMKM tersebut.

Evaluasi yang dilakukan pada kegiatan CFD ini berupa merapikan UMKM yang berjualan kuliner di wilayah CFD tersebut. Demikian yang diungkapkan oleh Kadishub Kota Pekanbaru, Yuliarso.

Menurutnya lokasi tersebut sudah menjadi wisata kuliner dan mirip seperti pasar pagi. Maka dari itu ia mengatakan untuk harus melakukan evaluasi dan merapikan lokasi CFD.

“Dengan merumuskan kembali dan mendata siapa saja yang bertanggung jawab dalam kegiatan CFD ini,” ungkapnya.

Dikarenakan saat ini masih bulan Syawal, hal ini menjadi waktu untuk melakukan evaluasi kegiatan CFD ini.

Walau CFD belum berlangsung, tetapi masyarakat banyak melaksanakan CFD di lokasi tersebut. Hal tersebut juga berlaku pada pelaku UMKM yang berjualan di Jalan Jalan Cut Nyak Dien di depan Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau.

Car Free Day

Pada kegiatan CFD kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan fisik seperti bersepeda, jalan pagi, jogging, dan lain sebagainya.

Dengan adanya kegiatan CFD ini kita dapat beraktivitas tanpa adanya kendaraan bermotor sehingga udara pada daerah tersebut terasa lebih segar, menyejukkan dan bebas dari polusi.

Pemerintah Kota Pekanbaru mengadakan kegiatan Car Free Day (CDF) ini setiap hari Minggu pagi di Jalan jendral Sudirman sekitar Tugu Zapin.

Adapun selama masa pandemi Covid-19 yang lalu, pelaksanaan CFD di Kota Pekanbaru dihentikan.

Lalu barulah digelar kembali pada tanggal 12 Juni 2022 yang lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.