Pendatang Pekanbaru Bertambah, Sekdako: Jangan Pengangguran

0
216
Pendatang Pekanbaru

Pendatang Kota Pekanbaru kian bertambah yang mengakibatkan kota semakin padat. Hal ini dapat terlihat dari arus lalu lintas yang macet setiap harinya.

Pendatang Kota Pekanbaru

Usai mudik dari Idul Fitri 1444H beberapa waktu lalu, tidak sedikit masyarakat membawa saudaranya ke kota. Tujuan mereka datang ke Kota Pekanbaru dari kampung halamannya ialah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi.

Hal ini dikarenakan Kota Pekanbaru merupakan ibu kota dari Provinsi Riau yang berarti Kota Pekanbaru merupakan pusat dari bisnis dan juga jasa.

Pendatangan Jangan Pengangguran

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyampaikan kepada para pendatang untuk langsung mencari pekerjaan di kota ini. Selain itu ia berpesan kepada para pendatang harus memiliki keahlian atau keterampilan dalam dunia kerja.

Indra mengakui bahwa ia tidak menginginkan dengan kedatangan pendatang ke Kota Pekanbaru malah menambah angka pengangguran.

Angka pengangguran di Pekanbaru sendiri sudah mencapai 6,4 persen yang mana kondisi ini tentu saja berdampak pada angka kemiskinan juga. Dimana pada data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat ada 35,96 ribu jiwa pengangguran di Kota Pekanbaru pada tahun 2022.

“Kalau menganggur lagi di Pekanbaru jangan, tentu bisa menambah tingkat pengangguran dan kemiskinan kita,” ujar Sekdako Pekanbaru, Senin (8/5/2023).

Ia juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru akan melakukan langkah antisipasi terhadap arus urbanisasi pasca Idul Fitri 1444H. Ia tak mengelak bahwa arus urbanisasi ini emang biasa terjadi setelah libur lebaran.

Pendatang Harus Miliki Keterampilan Bekerja

Di Kota Pekanbaru sendiri banyak yang membuka lapangan pekerjaan untuk tenaga kerja terampil serta profesional. Apalagi banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan calon karyawan yang berpengalaman.

“Kita berharap nantinya calon tenaga kerja yang datang ke Kota Pekanbaru terampil dan memiliki keahlian,” ujar Indra Pomi.

Maka dari itu, bagi Encik dan Puan yang ingin merantau ke Kota Pekanbaru sangat disarankan untuk memiliki keterampilann dalam bekerja ya. Agar tidak menjadi pengangguran dan menambah angka kemiskinan di Kota Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.