Tol Rengat-Pekanbaru, Pemprov Riau Umumkan Penetapan Lokasi

0
400
Tol Rengat-Pekanbaru

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah melakukan penetapkan lokasi (penlok) pembangunan Tol Rengat-Pekanbaru seksi Junctions Pekanbaru – Interchange Siak. Adapun lokasinya berada di Kabupaten Kampar.

Lokasi Pembangunan Tol

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto mengungkapkan bahwa rencananya lokasi pembangunan tol tersebut akan terletak di Kecamatan Tapung dan Tambang, Kabupaten Kampar.

“Lokasi tanah nantinya tersebar di keempat desa dengan luas 234,994 hektare,” ujarnya.

Lebih lanjut Sekdaprov Riau menjelaskan, untuk penetapan lokasi pembangunan ruas Tol Rengat-Pekanbaru di Kabupaten Kampar sudah pihaknya umumkan. Adapun lokasi dan luas tanahnya tersebar di empat desa di Kecamatan Tapung dan Tambang.

Diungkapkan Sekdaprov Riau bahwa ruas jalan di lokasi Kecamatan Tapung berada di Desa Karya Indah seluas 100,170 hektare. Lalu di Kecamatan Tambang di Desa Rimbo Panjang seluas 59,531 hektare. Kemudian Desa Tarai Bangun seluas 31,350 hektare. Serta di Desa Kuala seluas 43,933 hektare.

Lama Proses Pengadaan Tanah

Setelah ditetapkannya penlok tersebut, maka akan segera dilakukan ganti rugi lahan. Kemudian baru akan dilakukan pembangunan jalan tol.

SF Hariyanto juga mengatakan bahwa penlok ini akan dilakukan proses pengadaan tanah pembangunan jalan tol. Proses ini diperkirakan akan berlangsung selma 28 minggu.

“Untuk perkiraan pembangunan jalan tol ini akan selesai selama 30 bulan (2 tahun dan 6 bulan). Terhitung sejak selesainya proses pengadaan tanah,” ujarnya.

Pihaknya berharap bahwa pembangunan ruas jalan tol Rengat-Pekanbaru dapat mempermudah akses transportasi simpul jasa distribusi dari dan ke pusat-pusat kegiatan.

“Yang pasti meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat. Memperlancar pasokan logistik, yang dilalui jalan tol agar berkembang dengan pesat,” tegasnya.

Seluruh Tol di Riau Akan Terkoneksi

Meski penlok tersebut berada di ruas Tol Pekanbaru-Rengat, namun segmen yang akan dibangun akan menghubungkan Tol Pekanbaru-Dumai dengan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Sehingga nantinya tol ini juga akan terhubung dengan tol Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Bangkinang. Sedangkan exit tol akan ada dua, yakni berada di dekat jembatan Siak II serta di daerah Rimbo Panjang, Kampar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.