Boleh Atau Tidak Anak-anak Pakai Masker?

219
Anak-anak Pakai Masker

Banyak sekali pertanyaan yang muncul bolehkah atau tidak anak-anak pakai masker? Kalau boleh, kapan waktunya? Kalau tidak kenapa?

Pertanyaan ini seolah menjadi pertanyaan banyak orang ya Encik dan Puan, mengingat saat ini Covid-19 sudah banyak menyerang anak-anak.

Badan Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO) bekerja sama dengan UNICEF menerbitkan panduan baru tentang penggunaan masker pelindung bagi anak-anak.

Dari penjelasan akun resmi Instagram Kemenkominfo RI, menyebutkan bahwa ada tiga kategori anak-anak tidak diwajibkan memakai masker yaitu, anak usia dibawah lima tahun, anak memiliki kebutuhan khusus atau gangguan tumbuh kembang, disabilitas atau kondisi kesehatan tertentu yang akan terganggu jika menggunakan masker, serta anak-anak yang sedang olahraga.

Berikut ini beberapa kategori boleh atau tidak anak-anak menggunakan masker menurut WHO dan UNICEF:

Anak di bawah 5 tahun tidak diwajibkan memakai masker

Dimana WHO menjelaskan, untuk anak-anak di bawah lima tahun atau lebih muda, tidak diwajibkan masker. Hal itu diterbitkan WHO Karena menilai anak-anak usia tersebut masih sangat kecil.

Berdasarkan bukti yang tersedia, anak kecil memiliki ketahanan yang lebih rendah terhadap infeksi dibandingkan dengan orang dewasa. Data yang menunjukkan bahwa hal ini dapat bervariasi, menurut usia diantara anak-anak.

Dikutip dari GridHEALTH, Profesor Viv Bennett mengatakan bahwa anak kecil serta bayi tidak boleh memakai masker karena mereka dapat menyebabkan sesak napas hingga mati karena lemas. Nah untuk menyiasatinya, ia mengatakan anak-anak harus tetap berada di rumah.

Anak berusia 6-11 tahun

Anak berusia ini dianjurkan pakai masker dalam keadaan tertentu dengan memperhatikan beberapa kondisi yaitu:

  • Di tempat-tempat dengan penyebaran virus Corona yang meluas.
  • Di tempat di mana anak melakukan kontak dengan orang lain.
  • Seseorang berisiko tinggi terkena penyakit serius jika tertular virus.

Anak di atas 12 tahun

Anak usia 12 tahun keatas diwajibkan untuk menggunakan masker yang sama dengan orang dewasa, yang mana masker harus menutupi hidung mulut hingga dagu untuk mencegah penularan Covid19.

Anak dengan kondisi kesehatan khusus

Jika anak memiliki kebutuhan khusus atau gangguan tumbuh kembang, disabilitas atau kondisi kesehatan tertentu yang akan terganggu jika menggunakan masker maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.

Itulah sedikit penjelasan terkait pemakaian masker bagi anak-anak ya Encik dan Puan, semoga informasi ini bermanfaat agar kita semua terhindar dari wabah virus ini. Selain itu ada beberapa langkah untuk Lindungi Anak Dari Corona (baca: Tips Untuk Para Orangtua Lindungi Anak Dari Corona).

Hal yang tak kalah penting yang mesti Encik dan Puan ingat saat ini adalah mematuhi protokol kesehatan, hindari kerumunan, menggunakan masker serta rajin mencuci tangan. Salam sehat untuk semua…