Tiga Poin Penting Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

230
pandemi covid-19

Ada tiga poin penting dalam menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini, dimana masyarakat dituntut untuk hidup dengan sistem baru dan kebiasaan baru.

Tiga poin penting ini disampaikan langsung oleh Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Provinsi Riau dr. Indra Yovi saat melakukan Press Conference di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Jumat (29/05/2020).

Ia menekankan tiga poin penting yang harus dipatuhi masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini, yaitu:

Menggunakan Masker

Covid-19 Provinsi Riau

Masker salah satu hal yang wajib dalam tatanan masyarakat saat ini, baik itu kebijakan pemerintah new normal, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau hal lainnya.

Masker menjadi pelindung diri sendiri, orang lain, keluarga dan seluruh masyarakat dari virus berbahaya tersebut.

Rajin Cuci Tangan

Corona di Riau

Dulu masyarakat cuci tangan jika hendak makan saja, namun sekarang dituntut untuk mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Menghindari menyentuh bagian wajah, dan selalu menjaga kebersihan tangan kapanpun dan dimanapun berada.

Hindari Kerumunan atau Jaga Jarak

social distancing

Menjaga jarak bukan perkara hal yang sulit saat ini, itu juga bertujuan untuk keselamatan diri dan orang-orang yang disayang. Sebisa mungkin tetap berada di rumah supaya lebih aman.

Jika memang harus keluar rumah untuk keperluan mendesak atau bekerja, maka tetap memperhatikan jarak antara satu dan yang lain.

Dijelaskan Jubir Covid19 Riau tersebut, jika masyarakat satu persepsi dalam menghadapi wabah ini, patuh dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, maka ia yakin bencana non alam ini bisa diatasi.

Di samping itu juga, ia menambahkan apapun jenis kegiatan masyarakat saat ini, ada protokol kesehatan yang wajib dijalankan dan menjadi urutan nomor satu dibandingkan hal lainnya.

Mau itu sektor sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lainya, tetap protokol kesehatan poin utama yang harus dijalankan. New normal bukan seenaknya ke pasar, ke mall, nongkrong, jalan sana sini, tetapi ada protokol kesehatan yang wajib dipatuhi.

Untuk itu, bagi Encik dan Puan, apapun itu jenis kebijakannya baik itu new normal, PSBB atau hal lainnya, maka tiga poin penting dalam menghadapi pandemi Covid-19 itu menjadi hal utama yang harus diterapkan oleh masyarakat saat ini.