Ujian Praktik SIM C Angka 8 dan Zig-Zag Ditiadakan di Riau

0
251
Ujian Praktik SIM C

Kabar baik bagi masyarakat, karena tes angka 8 dan pola zig-zag pada ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C ditiadakan.

Sejak tanggal (4/7/2023) lalu, Korlantas Polri sudah resmi menghapuskan pola tes zig-zag dan angka 8 ketika ujian SIM C. Namun pengganti pola zig-zag dan angka 8 untuk ujian SIM C itu, Korlantas Polri menerapkan standar ujian yang baru.

Sejalan dengan resmi dihapusnya pola zig-zag dan angka 8 tersebut, maka hal tersebut juga diberlakukan di Provinsi Riau.

Terapkan Standar Baru

Dengan sudah tidak lagi menggunakan pola zig-zag dan angka 8 untuk ujian SIM C di Riau, maka diterapkanlah pola ujian SIM C dengan standar baru. Yakni dengan mengutamakan keselamatan, serta keahlian berkendara bagi pengendara sepeda motor.

Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Dwi Nur Setiawan menegaskan, jika memang untuk ujian SIM C di Riau sudah menghapus pola zig zag dan angka 8 itu. Dimana hal tersebut sejalan dengan arahan Kapolri, agar dalam ujian praktik SIM C lebih dipermudah lagi.

“Kami mengecek langsung praktik standar baru ujian SIM C, sejalan dengan arahan Kapolri supaya ujian praktek ujian SIM C supaya dipermudah lagi,” ucapnya, Jumat (4/8/2023).

Diganti Metode S

Untuk pengganti ujian SIM C tersebut, Ditlantas Polda Riau berencana menggunakan metode S. Yakni manuver yang juga berkaitan dengan pengujian proses pengereman saat berkendara roda dua.

Menurut Kombes Pol Dwi Nur Setiawan, metode tersebut dinilai lebih memudahkan masyarakat serta dapat diterapkan saat berkendara.

“Saya perintahkan di semua satpas di Riau, agar mengubah pola S. Ini sudah kami siapkan di lapangan,” sebutnya.

Beri Coaching Clinic

Di lain pihak, Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvina Wijayanti akan membuka pelatihan singkat atau Coaching Clinic untuk pemohon SIM. Yang mana bertujuan untuk mempermudah masyarakat yang akan mengikuti ujian praktik SIM di Pekanbaru.

“Karena dihapusnya tes angka 8 dan zig-zag, melalui Coaching Clinic ini masyarakat bisa berlatih metode huruf S,” ungkapnya.

Coaching Clinic ini dilaksanakan setiap hari Selasa dan Jumat yang berada di Satpas 0914 Polresta Pekanbaru, Kecamatan Rumbai. Dijelaskannya, Coaching Clinic ini tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum. Caranya adalah dengan mendaftarkan diri kepada petugas Satpas SIM 0914 Pekanbaru.

Cara Pembuatan SIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.