Uji Coba Tol Pekdum Selesai, Pembangunan Dilanjutkan

99
Gerbang Tol Pekdum

Sejak Kamis (2/1/2020) sore ini tepatnya pada pukul 16.00 WIB, masa fungsional Jalan Tol Pekdum (Pekanbaru-Dumai) seksi 1 telah berakhir.

Lalu jalan bebas hambatan pertama sepanjang 9 km di Riau ini akan ditutup kembali untuk dilakukan perbaikan dan pembangunan fasilitas lainnya.

Keberadaan tol yang diuji coba fungsional ini sendiri sukses memancing antusias masyarakat untuk melintasinya.

Sebelum dilakukan ujicoba, tol ini dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Korlantas Polri, dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Adapun uji coba ini dilakukan selama dua hari, yakni pada tanggal 16-17 Desember 2019 lalu. Usai uji coba ini, seksi 1 pengoperasian tol pertama di Riau ini dinyatakan siap untuk difungsionalkan pada akhir tahun 2019 kemarin.

Ujicoba ini sendiri dilakukan karena prilaku berkendara di jalan tol sangat berbeda dibandingkan pada saat kita berada di jalan raya biasa, sehingga perlu dilakukan penyesuaian.

Selama uji coba berlangsung, seluruh pengendara yang melewati tol tersebut tidak akan dikenakan biaya. Meski demikian, pengendara tetap harus menggunakan kartu tol elektronik (e-tol) saat melewati gerbang tol, walau tanpa saldo.

Hal tersebut dimaksudkan untuk membiasakan masyarakat dalam penggunaan kartu tol elektronik.

Untuk mendapatkan kartu tol tersebut, kita bisa mendapatkannya di sejumlah seperti Bank Riau dan Mandiri. Selain itu bisa juga didapatkan di Indomaret dan Alfamart.

Tidak itu saja, kartu tol juga bisa didapatkan di sejumlah tempat penjualan kartu yang disediakan di dekat pintu gerbang masuk jalan tol termasuk dari arah Minas.

PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Tol Pekanbaru-Dumai memastikan tidak ada perpanjangan waktu fungsional lagi, usai Tol Pekdum ini difungsionalkan selama 11 hari.

Selama masa fungsional tersebut, lebih dari 37.970 unit kendaraan yang melintas tol Pekanbaru-Dumai hingga akhir tahun 2019 kemarin.

Nantinya setelah resmi ditutup kembali, maka PT Hutama Karya (Persero) akan kembali melanjutkan pembangunan tol Pekanbaru-Dumai.

Adapun pembangunannya ditargetkan selesai Maret 2020, dan Tol Pekanbaru-Dumai sudah bisa dibuka kembali untuk dioperasionalkan.