Seksi I Tol Pekanbaru Dumai Segera Beroperasi

243
Tol Pekanbaru Dumai Seksi I

Seksi I Tol Pekanbaru Dumai sepanjang 9 km siap untuk difungsionalkan di akhir tahun 2019 ini, setelah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Korlantas Polri, dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan terlebih dahulu.

Adapun uji coba ini dilakukan selama dua hari, yakni pada Senin (16/12/2019) dan Selasa (17/12/2019) lalu. Usai uji coba ini, seksi 1 pengoperasian tol pertama di Riau ini dinyatakan siap untuk difungsionalkan di akhir tahun 2019 ini.

PT Hutama Karya (Persero) selaku kontraktor Tol Pekanbaru Dumai sendiri bakal membuka Tol Pekanbaru-Dumai secara fungsional saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), yakni mulai tanggal 23 Desember 2019 – 2 Januari 2020, pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB untuk jenis kendaraan Golongan 1 (Non Bus).

Ujicoba ini sendiri penting dilakukan sebelum tol Pekanbaru Dumai resmi dibuka untuk umum. Hal tersebut dikarenakan prilaku berkendara di jalan tol sangat berbeda dibandingkan pada saat kita berada di jalan raya biasa.

Oleh karenanya perlu dilakukan penyesuaian dan uji coba. Apalagi di Riau tol ini merupakan yang pertama kalinya dibangun di Riau.

Karena masih bersifat fungsional, PT Hutama Karya memastikan seluruh pengendara yang melewati tol tersebut tidak akan dikenai biaya.

Encik dan Puan juga tak perlu khawatir saat mencoba tol ini. Karena faktor keamanan pengguna tol juga telah disiapkan dengan baik oleh pihak PT Hutama Karya, seperti 2 unit Patroli Jalan Raya (PRJ), mobil Ambulans, hingga kendaraan patroli.

Selain itu, pihak Telkomsel Area Sumatera juga telah memperkuat layanannya untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama momen Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang.

Salah satunya adalah dengan mengoptimalisasi jaringan ruas jalan tol Trans Sumatera, termasuk Tol yang menghubungkan Ibu Kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai ini.