Asal Usul Nastar, Kue Lebaran Favorit Sejuta Umat

0
596
Asal Usul Nastar

Nastar adalah salah satu kue kering yang wajib ada saat momen lebaran tiba. Sebagai kue lebaran favorit, sudah tahu asal usul nastar, Encik dan Puan? Berikut info yang telah kami rangkum.

Peninggalan Belanda

Asal usul nastar sendiri bermula dari jaman peninggalan Belanda. Jadi kue nastar bukanlah kue asli tanah air ya Encik dan Puan.

Kue kering khas lebaran ini berasal dari bahasa Belanda, yakni Ananas (nanas) dan Taart/tart/pie (kue). Kue dengan isian selai nanas ini memiliki pengaruh dari Belanda yang jika diamati memiliki tampilan layaknya kue kering khas Eropa.

Termasuk Kue Kering

Nastar yang berasal dari Belanda mepunyai bentuk lebih mirip dengan cake. Namun di Indonesia sendiri, nastar termasuk golongan kue kering. Resep Nastar juga memiliki kemiripan dengan olahan pie Belanda yang memiliki isian selai buah-buahan seperti blueberry, apel, dan stroberi.

Biasa Disajikan Saat Hari Besar

Menurut sejarawan kuliner Universitas Padjadjaran, Fadly Rahman, kue-kue ini biasanya disajikan orang-orang Belanda saat menyambut hari-hari besar seperti Natal.

Selain itu, orang-orang Belanda sering mengirim kue-kue pada keluarga bangsawan pribumi saat hari lebaran tiba. Sejak saat itulah, kue lebaran yang sering kita jumpai menjadi sajian hidangan untuk menyambut tamu saat hari raya lebaran.

Telah Dimodifikasi

Seiring dengan perkembangan zaman, kue-kue dari negara Eropa ini telah menyatu dengan Indonesia serta telah dimodifikasi dari segi bahan dan bentuk. Salah satunya dengan mengganti buah-buah khas Eropa menjadi buah khas Indonesia.

Karena sulitnya mencari buah seperti stroberi dan apel, maka muncullah ide untuk mengganti buah-buahan tersebut. Nanas kemudian dipilih karena merupakan buah yang mudah ditemui.

Nanas juga dipilih karena citarasanya yang asam, manis dan segar sesuai dengan citarasa buah-buahan yang berasal dari Eropa.

Wah ternyata Nastar punya jejak sejarah yang panjang juga ya..

Beli Kue Lebaran di Pekanbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.