Helikopter Water Bombing Riau dari Luar Negeri

0
347
Helikopter Water Bombing Riau

Tiga helikopter water bombing akan dikirim ke Provinsi Riau untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dimana dua diantaranya berasal dari luar negeri.

Bantuan Helikopter Water Bombing

Dalam upaya mengatasi Karhutla di beberapa daerah Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meminta bantuan helikopter water bombing kepada pemerintah pusat.

Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memberikan bantuan berupa pengiriman tiga helikopter water bombing untuk mengantisipasi dan penanggulangan bencana Karhutla di Provinsi Riau pada tahun 2023 ini.

Tiga helikopter tersebut saat ini sedang dalam proses pengiriman ke Riau. Setelah sebelumnya satu unit helikopter patroli telah sampai di Riau.

Dua Helikopter Berasal dari Luar Negeri

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa alasan tiga helikopter masih dalam proses pengiriman ialah disebabkan dua diantaranya dikirim dari luar negeri.

Ia mengungkapkan dua helikopter tersebut berasal dari Malaysia dan Australia. Sementara satu lagi berasal dari Papua. Adapun proses administrasi terkait pengiriman helikopter water bombing dari luar negeri harus sesuai prosedur administrasi perhubungan.

“Hal ini lah yang membuat waktu pengiriman membutuhkan waktu yang cukup lama,” ungkap Gubri.

Tak hanya dari luar negeri, bantuan helikopter water bombing untuk Provinsi Riau juga didapatkan dari Papua. Namun helikopter dari Papua tersebut harus dikirim terlebih dahulu ke jakarta untuk dilakukan maintenace.

Sebelumnya, Pemprov Riau telah mendapatkan bantuan helikopter patroli. Bersama dengan TNI, Polri, dan beberapa instansi lainnya, Pemprov Riau terus melakukan upaya untuk memberikan sosialisasi terkait pencegahan karhutla kepada masyarakat Provinsi Riau.

“Agar Riau terbebas dari karhutla yang menyebabkan bencana kabut asap, semoga dengan upaya tersebut, karhutla dapat diatasi dengan baik,” harap Syamsuar.

Kondisi Karhutla Saat Ini

Sementara itu Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau M Edy Afrizal menyampaikan terkait kondisi Karhutla di Riau saat ini. Ia  mengatakan saat ini petugas tinggal melakukan pendinginan di daerah Dumai saja dan untuk daerah lainnya sudah berhasil dipadamkan.

“Karhutla tinggal di Dumai, itupun sudah dalam tahap pendinginan. Masih ada asap-asap sedikit,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.