Lampu Jalan Pekanbaru Diajukan Sebanyak 10 Ribu

0
704
Lampu Jalan Pekanbaru

Diketahui saat ini banyak Lampu Hemat Energi (LHE) yang mati untuk penerangan jalan umum (PJU) di Kota Pekanbaru.

Maka untuk mengatasi masalah ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru telah mengajukan rencana pengadaan sekitar 10 ribu LHE pada tahun depan.

Pengadaan LHE PJU Kota Pekanbaru tersebut akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru tahun 2024.

Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso, menjelaskan bahwa pengadaan LHE tersebut diperlukan untuk menggantikan ribuan lampu PJU yang telah dipasang di jalan-jalan kota sejak tahun 2019.

Hal ini disebabkan karena masa pakai LHE tersebut hanya sekitar 3 tahun. Oleh karena itu, banyak lampu yang sudah tidak berfungsi karena masa pakainya sudah habis.

Dishub Kota Pekanbaru sendiri telah mengajukan rencana pengadaan LHE pada APBD tahun 2023, mengingat masa pakai LHE yang singkat.

“Namun, karena keterbatasan anggaran, pengadaan dilakukan secara bertahap,” ucapnya, Senin (6/11/23).

Dari total 19 ribu LHE yang dipasang sejak tahun 2019, hanya sebagian kecil yang sudah diganti. Oleh karena itu, Dishub perlu menyiapkan lebih dari 10 ribu LHE untuk diganti pada tahun 2024.

Yuliarso juga menjelaskan bahwa penggunaan LHE dapat membantu mengurangi tagihan listrik untuk PJU setiap tahunnya. Bahkan tidak hanya itu, tagihan listrik dari PJU sudah mengalami penurunan yang signifikan.

Selain itu, Dishub Pekanbaru juga terus melakukan peremajaan pada lampu PJU berbasis LED yang hemat energi dan tenaga surya. Sejumlah lampu PJU sudah di-upgrade menjadi LED smart, dan sekitar 6 ribu lampu PJU menggunakan tenaga surya dan meteran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.