Tol Pekanbaru-Bangkinang Dibuka Untuk Mudik, Ini Faktanya

347
Tol Pekanbaru-Bangkinang

Ruas tol Pekanbaru-Bangkinang telah beroperasi menjelang mudik lebaran 2022 mulai Selasa (26/4/2022) lalu.

Dibuka Gubernur Riau

Fungsional tol ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal dan Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto.

Peresmian Tol Pekbang

Prosesi pembukaan ini dipusatkan di akses masuk tol di Kilometer 27 Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang pada Selasa (26/4/2022).

Usai pengguntingan pita, para petinggi daerah tersebut melambaikan bendera berpola kotak catur saat melepas kendaraan.

Dibuka Satu Jalur

Sebagai informasi, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang ini untuk sementara dibuka satu jalur sejak pukul 08.00-16.00 WIB setiap harinya.

Satu Jalur Tol Pekanbaru-Bangkinang

Adapun hal ini sesuai dengan ketentuan dari Kepolisian Republik Indonesia bagi tol yang masih fungsional.

Selain itu karena penerangan belum lengkap dan rambu-rambu juga belum ada menjadi alasan kenapa ruas tol ini tidak beroperasional di malam hari.

Tanggal Operasional

Untuk jurusan Pekanbaru menuju Bangkinang, dibuka mulai dari tanggal 26 April hingga tanggal 3 Mei 2022. Untuk kendaraan dari arah Bangkinang ke Pekanbaru melintasi jalan nasional.

Sedangkan untuk kembalinya dari Bangkinang menuju Pekanbaru dibuka mulai 4 Mei hingga tanggal 11 Mei 2022.

Tol kemudian ditutup kembali untuk umum pada tanggal 11 Mei 2022, guna persiapan sampai laik operasional.

Operasional Tol Pekanbaru-Bangkinang

Kendaraan Yang Boleh Lewat

Roda empat Golongan I menjadi satu-satunya jenis kendaraan yang diperbolehkan melintasi tol ini selama fungsional.

Kendaraan roda empat Golongan I tersebut terdiri dari jenis sedan, jip, pikap atau truk kecil. Sementara itu bus penumpang belum diizinkan melintasi tol.

Tol fungsional ini membentang sepanjang lebih kurang 31 kilometer. Saat ini PT. Hutama Karya tengah merampungkan sisa pengerjaan ruas Tol Pekanbaru-Pangkalan seksi Pekanbaru-Bangkinang yang totalnya 40 kilometer.

Mobil Operasional dan SPBU Mini

Pihak operasional dan pemeliharaan jalan tol (OPJT) Hutama Karya, telah memobilisasi kendaraan operasional ke gerbang tol Pekanbaru-Bangkinang di wilayah Sungai Pinang, Kampar.

Beberapa kendaraan dikerahkan seperti mobil derek, ambulans, dan sekitar 8 unit kendaraan operasional bagi petugas. Selain itu, juga ada rest area yang menyediakan SPBU mini berupa Pertashop melalui kerja sama dengan Pertamina.

Lokasi

Lokasi tol ini sendiri terletak di jalan by pas Pekanbaru-Bangkinang depan RM Pak Abbas dan tembusnya ke jembatan Kuok. Namun gerbang masuk tol disiapkan di Desa Sungai Pinang, Rimbo Panjang (seberang gerbang SPN) dan gerbang keluar berada di Desa Pasir Sialang, Bangkinang Seberang.

Gratis

Selama tahap uji coba mudik Idulfitri ini, tol ini masih gratis. Hal tersebut juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik. Namun Encik dan Puan perlu menyiapkan kartu e-tol.