Tol Permai Mulai Berbayar, Sudah Tahu Kartu Uang Elektronik?

77
Kartu Uang Elektronik

Pada 10 November 2020, Tol Permai (Pekanbaru-Dumai) akan segera berbayar. Pembayaran yang hanya bisa diterima pada gerbang tol, hanya pembayaran non tunai dalam bentuk kartu uang elektronik, dan bukan kartu debit ATM.

Keduanya sangat berbeda, Ncik dan Puan. Kartu uang elektronik atau electronic money merupakan kartu yang bisa didapatkan di kantor perbankan atau di minimarket yang menjualnya.

Terdapat empat kartu electronic money yang bisa didapatkan, diantaranya Brizzi produk BRI, Tapcash dari BNI, Flazz dari BCA, dan E-Money Bank Mandiri maupun Bank Riau Kepri.

Saat membeli kartu electronic money, Ncik dan Puan tidak perlu untuk menunjukkan kartu identitas diri maupun NPWP.

Sementara untuk isi saldo dan harga dari uang elektronik sendiri tergantung dengan kebijakan dari Perbankan tersebut. Seperti e-money yang jika dibeli di Bank Riau Kepri seharga Rp 70.000 namun dengan saldo yang tersedia sebesar Rp 50.000.

Sementara untuk melakukan top up, Encik dan Puan bisa melakukannya pada mesin ATM ataupun melalui internet banking.

Keunikan dari Tol Permai terkait dengan uang elektronik yang harus menjadi catatan adalah, kartu yang Ncik dan Puan gunakan untuk top up pada gerbang masuk tol harus sama dengan kartu yang ncik dan puan gunakan pada gerbang keluar tol. Jadi tidak bisa menggunakan kartu electronic money yang berbeda.

Untuk kenyamanan Ncik dan Puan pastikan saat memasuki Gerbang Tol Permai saldo uang elektronik cukup ya.

Untuk tarif mobil sedan atau minibus masuk ke dalam kendaraan golongan satu, dengan tarif terjauh Rp.118.500, untuk mobil truck dan sejenisnya yang masuk ke dalam mobip golongan dua, tarif terjauhnya Rp.178.000, dan untuk mobil yang termasuk golongan empat dan lima tarif terjauhnya Rp.237.000.

Selain saldo yang cukup, pastikan Ncik dan Puan mematuhi peraturan dan tata tertib lalu lintas di Tol Permai untuk kenyamanan dan keselamatan.