Tinggalkan Rumah Saat Mudik, Ini Imbauan DPKP Pekanbaru

0
209
Tinggalkan Rumah Saat Mudik
DCIM100MEDIADJI_0098.JPG

Encik dan Puan yang tinggalkan rumah saat mudik, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru berikan imbauan.

Imbauan ini adalah agar warga Kota Pekanbaru memastikan bahwa rumahnya dalam keadaan aman sebelum meninggalkannya saat mudik lebaran.

Matikan Sambungan Listrik

Adapun hal pertama yang harus dipastikan adalah sambungan listrik. Diungkapkan oleh Kepala DPKP Kota Pekanbaru Burhan Gurning, hal tersebut agar menghindari potensi kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting listrik.

“Cabut stop kontak dan alat-alat listrik lainnya, serta pastikan sambungan listrik semua sudah dipadamkan,” ungkapnya, Selasa (18/4/2023).

Cek Keran Air dan Tabung Gas

Selanjutnya Burhan juga meminta warga Kota Pekanbaru untuk memastikan semua keran air sudah dimatikan, lalu tidak lupa untuk mencabut regulator tabung gas. Selain itu juga penting untuk memberi tahu tetangga lain yang tidak mudik ketika hendak bepergian meninggalkan rumah.

“Tujuannya adalah agar tetangga dapat memperhatikan kondisi lingkungan di sekitarnya,” ujar Burhan.

Cek Kondisi Kendaraan

Ia juga berpesan saat berkendara, untuk memastikan bawa tabung racun api kecil. Yang bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu juga memastikan kondisi kendaraan telah aman serta dalam kondisi laik untuk melakukan perjalanan mudik.

Tips Lainnya

Selain imbauan dari DPKP Pekanbaru di atas, Encik dan Puan bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar merasa aman tinggalkan rumah saat mudik.

  • Mencuci Piring dan Membersihkan Kamar. Dengan demikian tidak ada piring berjamur karena belum dicuci karena ditinggal selama seminggu.
  • Simpan perhiasan dan barang berharga lainnya di tempat yang aman.
  • Pastikan untuk memeriksa jendela dan pintu telah terkunci, setidaknya dua kali sebelum meninggalkan rumah. Bahkan jika perlu, lakukan kunci ganda agar aman.
  • Jika memiliki hewan peliharaan, titipkan di tempat penitipan atau penampungan hewan yang aman.
  • Sirami tanaman semalaman dan tepat sebelum meninggalkan rumah. Jika perlu tempatkan di daerah yang jauh dari matahari sehingga kelembabannya terjaga.
  • Jangan lupa buang sampah sebelum berangkat mudik. Tentunya Encik dan Puan tak ingin sampah tersebut membusuk, bahkan berbelatung kan? Selain aroma yang dihasilkan tak sedap, juga membahayakan bagi kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.