Jalan Suka Karya Pekanbaru Dioverlay Usai Lebaran

72
Jalan Suka Karya Pekanbaru

Jalan Suka Karya Pekanbaru rencananya akan di-overlay oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, usai lebaran Idulfitri 1444 H/2023 M. Sebagai informasi, sistem overlay adalah pelapisan aspal ulang.

Siap Action

Seperti diketahui, Jalan Suka Karya merupakan salah satu jalan di Kota Pekanbaru yang mengalami kerusakan parah.

Oleh karenanya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edwar Riansyah mengatakan bahwa pihaknya langsung action usai lebaran. Ia beralasan karena selama lebaran, tidak mungkin jalan Suka Karya tersebut ditutup. Adapun saat ini material dan segala macamnya telah disiapkan oleh pihak kontraktor.

Proses Overlay

Lebih lanjut Edwar mengungkapkan bahwa Jalan Suka Karya yang akan di-overlay nanti memiliki panjang 1,8 kilometer. Sementara itu untuk kondisi jalan yang rusak parah adalah sepanjang 300 meter, yang dimulai dari simpang Jalan HR Soebrantas.

Pihaknya akan dilakukan pemasangan base terlebih dahulu yang dimulai dari simpang Jalan HR Soebrantas hingga 300 meter ke dalam. Setelah jalan yang akan dibase sepanjang 300 meter, kemudian akan langsung di-overlay sepanjang 700 meter lagi ke dalam.

Sementara sepanjang 600 meter lagi ke dalam, tidak akan di-overlay. Hal tersebut, ungkap Edwar, karena 90 persen kondisi jalannya yang masih bagus. Selanjutnya, overlay akan kembali dilanjutkan hingga ke jembatan di perbatasan Pekanbaru-Kampar.

Pihaknya kemudian akan melakukan full overlay, yang dimulai dari titik 0 Jalan Suka Karya hingga jembatan. Dimana ada sepanjang 1.840 meter ke belakang.

Sedangkan terkait anggaran yang digunakan untuk melakukan perbaikan Jalan Suka Karya tersebut, diutarakan Edwar, pihaknya telah menganggarkan sebesar Rp2,8 miliar yang berasal dari APBD Kota Pekanbaru tahun 2023.